Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

2
Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang
Rate this post

Air terjun Kedung Kandang
jalanpiyungan.blogspot.co.id

Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah obyek wisata baru di kabupaten Gunungkidul. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menarik perhatian para pemburu keindahan di Gunung kidul.

Air terjun kedung kandang merupakan salah satu air terjun unik yang tersembunyi di kabupaten Gunung kidul. Air terjun yang mempunyai tingkatan sebanyak 6 tingkat ini sangat menarik pengunjung. Berada di persawahan penduduk menjadikan pemandangan air terjun kedung kandang ini sangat alami, segar, sejuk dan tentunya terlihat hijau mempesona.

Di sekitar Air terjun Kedung Kandang masih ada beberapa Kedung “Aliran Sungai” yang membelah persawahan Bendo diantaranya Kedung keris , Kedung Temanten , dan ada juga Kedung Jurug yang masing masing memiliki keindahan yang perlu Anda nikmati di sini.

Untuk menuju air terjun ini, dapat kita jelajah dengan berjalan kaki atau trekking menyusuri jalur sepanjang ± 800 meter dari tempat terakhir pemberhentian kendaraan “parkir”, berjalan sambil menikmati berbagai view menarik seperti persawahan yang hijau, gunung, bukit, batuan besar, dan sungai.

Curug Kedung Kandang
Curug Kedung Kandang

Tebing-tebing batu vulkanik dan hamparan sawah merupakan ciri khas kawasan air terjun kedung kandang. Batu-batuan di air terjun kedung kandang pun di dominasi dengan batuan vulkanik khas gunung api purba nglanggeran, dikarenakan wisata ini memang letaknya tidak terlalu jauh dengan gunung api purba nglanggeran.

Di sekitar Air terjun Kedung Kandang ini juga terdapat Njurug Talang Purba ± 150 meter arah kanan pintu masuk dan Puncak Ngekong. Ketika Anda berkunjung ke Air terjun ini, sekalian berkunjung ke puncak Ngekong, Puncak Ngekong ini adalah puncak gunung atau bukit di kawasan ini yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas Puncak Ngekong pengunjung dapat melihat bentang hijau alam yang berada di bawahnya.

Air Terjun Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba ini dikelola  oleh Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul dan merupakan air terjun musiman karena air mengalir di saat musim penghujan atau setelah ada hujan. Bedanya dari kedua itu adalah,Jika Air terjun Kedung Kandang adalah air terjun bertingkat dimana air mengalir dari atas tebing  menuju ke bawah melalui sungai dan batuan yang letaknya bertingkat seperti anak tangga bila dilihat dari kejauhan.

Air terjun kedung kandang saat ini belum dikelola secara resmi oleh pengelola wisata sekitar ataupun pemerintah setempat. Untuk sementara ini pengelolaan wisata air terjun kedung kandang di kelola oleh desa wisata nglanggeran. Sehingga untuk fasilitasnya memang belum tersedia, disana hanya ada beberapa rumah penduduk yang menyediakan tempat untuk parkir sepeda motor dan menjual makanan ringan.

Berkunjung Juga Ke : Gunung Api Purba Nglanggeran

 

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Wisata Air terjun kedung kandang terletak di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih se rute atau sejalur dengan wisata alam gunung api nglanggeran

On Instagram

[instashow source=”#airterjunkedungkandang” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

 

Google Maps

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan