Menikmati Keunikan Air Terjun Luweng Sampang

3
Menikmati Keunikan Air Terjun Luweng Sampang
Rate this post

Air Terjun Luweng Sampang

Selama ini kita mengenal Gunungkidul yakni sebuah kabupaten di yogyakarta yang terkenal karena punya pantai yang memiliki panorama cantik dan eksotis, Namun jika pantai terus terusan yang di kunjungi  di rasa sangat sayang jika berkunjung ke jogja tidak mempir sejenak di Air terjun Luweng Sampang. Inilah Grand Canyon ala Gunungkidul yang jadi sisi lain keindahan DI Yogyakarta.

Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti Lubang dan Kata Sampang di ambil karena lokasinya berada di desa bernama Sampang, jadi Air terjun ini dinamakan Air terjun leweng sampang.

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS. Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air  sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

Baca Juga: Serunya Berpetualang di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

warawiriindonesia
warawiriindonesia

Air terjun Luweng sampang Gunungkidul termasuk air terjun mini karena hanya mempunyai ketinggian sekitar lima meter, namun  di sini yang menonjol bukan karena tingginya namun karena komposisi dari batu-batuan di sekitarnya terlihat sangat menarik, berupa dinding batu yang terkikis oleh air, membentuk sebuah ukiran unik. Saat musim penghujan, air terjun Luweng Sampang ini akan terlihat semakin indah dan eksotis, karena debit air yang di jatuhkan akan besar dan akan semakin menampilkan pesonanya yang indah.

Di air terjun Luweng Sampang ini, Anda dapat bermain air dan mandi karena pada kolam air yang ada tidaklah terlalu dalam, selain itu juga Anda bisa melompat dari atas batu dari atas tebing. Air Terjun Luweng Sampang sendiri juga bisa untuk dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto prewedding karena pemandangannya yang memang indah. Selain memilik air terjun utama, di tempat ini juga terdapat air terjun kecil dan sebuah kolam untuk berenang yang cukup nyaman.

Untuk berkunjung ketempat ini di sarankan membawa pakaian ganti, karena Anda pasti akan tak tahan jika tidak merasakan dinginnya air di air terjun ini, jangan lupa juga membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahan bawah airnya.

Untuk waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang kami rekomendasikan saat musim hujan karena debit air terjun yang jatuh akan banyak dan deras sehingga semakin menambah kecantikannya. Namun tetap memperhatikan dan menjaga keselamatan, karena saat hujan bebatuan ini akan menjadi licin dan bisa membuat Anda terpeleset. 

Baca Juga: Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Air Terjun Luweng Sampang Di Instagram

[instashow source=”#luwengsampang” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan