Air Terjun Sidoharjo, Curug Perawan dan Tertinggi di Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo, Curug Perawan dan Tertinggi di Kulon Progo
10 (100%) 2 votes

air terjun perawan sidoharjo

Kabupaten Kulon Progo ternyata masih banyak menyimpan berbagai macam potensi wisata yang bisa di kembangkan, salah satunya Air Terjun Perawan Sidoharjo. Yaa pertama kali mendengar namanya saja kami sudah beranggapan dan bertanya-tanya dalam hati apa yang sebenarnya yang istimewa dari air terjun ini sehingga dinamakan “air terjun perawan”.

Setelah saya selidiki dan bertanya kepada orang yang pernah yang pernah berkunjung ke lokasi air terjun perawan tersebut, ada yang menjelaskan bahwa nama perawan di ambil karna air terjun itu masih belum terlalu terjamah oleh wisatawan atau dapat dibilang masih sangat terjaga keasriannya.

Air terjun perawan sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Kami tim Eksotis Jogja mengawali perjalanan menuju lokasi air terjun dari kota Jogja, rute terpendek untuk cepat sampai dari kota ke lokasi adalah lewat jl. Godean, yang berjarak kurang lebih 29 km ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan sepeda motor.

air terjun

Karena topografi wilayah Kulon Progo yang sebagian besar di dominasi oleh perbukitan, yaitu perbukitan menoreh. Maka kami selalu menganjurkan jika kamu hendak berwisata ke Kulon Progo akan lebih baik dan efektif jika mengendarai sepeda motor, namun kalau hanya ingin mengunjungi wisata pantainya ya lebih baik pakai mobil saja.

Menuju ke lokasi kita juga akan dihadapkan dengan jalan yang menanjak, namun tak terlalu ekstrem jika di bandingkan dengan jalan menuju lokasi wisata Kalibiru yang terletak diatas bukit menoreh, setelah melewati jl. Godean lurus terus sampai ke Dekso, menuju pasar Dekso lalu ke arah MTs. Sidoharjo belok kiri melewati jalan yang lumayan menanjak.

air terjun

Dari sini menuju ke lokasi air terjun perawan masih terbilang sulit jika tak menggunakan google maps, belum lagi terkadang masalah belum terjangkaunya sinyal di daerah terpencil, jika kamu bingung menetukan arah, sebaiknya tanyalah kepada warga sekitar tentang lokasi air terjun perawan, pasti warga akan memberi arahan rute nya.

Setelah sampai ke lokasi yang di tuju maka semua kelelahan yang telah kami lalui itu terasa terbayar sudah akan keindahan panorama alam yang masih terjaga, namun, yang masih kurang dari wisata air terjun perawan ini adalah kurang nya fasilitas yang memadai. Air terjun ini hanya ramai dikunjungi saat akhir pakan atau musim liburan tiba.

Tinggi air terjun perawan sekitar 75 meter dengan sudut kemiringan 90 derajat, jadi tak ada batu atau lainnya yang menghalangi jatuhnya air dari atas bukit. wisatawan yang datang kisini bisa bermain air di kolam dekat air terjun sambil menikmati pesona eksotis alam yang masih asri. Terkadang juga terliha gerombolan monyet yang mencari makan di dekat are air terjun.

Rute atau jalan

kota Jogja – perempatan Ring Road Demak Ijo – Jl. Godean – Jembatan Progo – perempatan Nanggulan ambil kanan (ke arah utara) – perempatan Dekso ambil kiri (ke arah Samigaluh) – pertigaan di jalan menanjak, ambil kanan – MTs Sidoharjo, ambil kanan masuk jalan kecil di sebelah MTs – Air Terjun Sidoharjo

Instagram

Tinggalkan Balasan