Serunya Berpetualang di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

1240
BERBAGI
Serunya Berpetualang di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
10 (100%) 7 votes

Air-Terjun #srigethuk
ticktab.com

Bicara soal Gunungkidul, yang mungkin di terkenal oleh kalangan para traveler yaitu keindahan pantainya. Namun kali ini eksotisjogja.com  akan mengulas mengenai keindahan Air terjun, yakni Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun yang terfavorit dan populer di  jejeran wisata yogyakarta. Bahkan tak hanya traveler dari wilayah Jogja saja pengunjungnya, namun banyak juga yang berasal dari wilayah luar kota.

Kabupaten Gunung Kidul ini dahulunya sangat terkenal dan identik dengan daerah yang kekeringan, hutan gundul, tanah tandus dan berbatu. Namun saat ini kesan itu sudah hilang ditelan semilir angin dan rimbunnya pohon pohon hutan yang di tanam oleh masyarakat, kini telah menutupi berbagai tanah  yang  dahulunya merupakan tanah kosong dan tandus. Pohon pohon yang tumbuh  yakni seperti jati dan mahoni begitu juga mendominasi selain kelapa, rambutan, sengon, dan lain lain.

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai  dikenal sekitar tahun 2010an. Berbagai macam fasilitas pendukung di objek wisata ini sudah terdapat dan cukup lengkap. Jika Anda ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, Pengelola sudah menyiapkan alat pelampung, Anda mesti harus menyewa pelampung ataupun ban biasanya seharga 10000.

Slempret merupakan sebutan lain dari air terjun Sri Gethuk, nama slempret ini di ambil karena air terjun ini sri gethuk ini terletak di daerah Slempret. Air terjun sangat indah dan eksotis karena diapit oleh sebuah  tebing yang ketinggiannya sampai dengan kurang lebih 50 meter.

Pemandangan Eksotis Air Terjun di Pantai Jogan Gunungkidul

Air terjun sri gethuk
panoramio.com

Air Terjun Sri Gethuk ini selalu mengalir tanpa deras mengenal jenis musimnya, apapun musimnya Anda bisa menikmatinya. Keindahan Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter terdapat air yang mengalir cukup deras dan sangat cocok untuk bermain air maupun berenang di sungai.

Namun kami sarankan, untuk berkunjung ke air terjun ini saat musim kemarau, karena air di sungai oyo akan terlhat hijau kebiru biruan menandakan sangat jernih dan segar. Tak sabar rasanya ingin langsung masuk ke sungainya, berasa segarnya :). Namun harus berhati hati, karena kedalaman sungainya mencapai 5 Meter.

Bukan itu aja, di tambah dengan motif batu – batuan yang sangat indah dan eksotis, menambah pesona keindahan dari air terjun sri gethuk ini sendiri. Selain pemandangan cantik dari air terjun ini dan juga aliran Sungai Oyo yang memikat, obyek wisata air terjun in juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti warung makan  dengan harga relatif terjangkau yang siap membayar rasa lapar dan serta dahaga setelah bermain air sungai oyo.

Deretan warung makan yang dikelola oleh warga setempat ini juga menjajakan makanan tradisional khas Gunung Kidul seperti gathot dan juga nasi tiwul. Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk ini seolah semakin menambah kelengkapan pilihan wisata alam di kawasan Gunung Kidul.

Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Tiket Air Terjun Sri Gethuk

Tiket masuk objek wisata Air Terjun Sri Gethuk tiketnya Rp3.000,- sedangkan tarif untuk menyebrang dengan menggunakan perahu tradisional/gethek Rp10.000,- per orang. Apabila ingin bermain air di sungai, Anda dapat menyewa ban untuk berenang dengan tarif Rp5.000,-.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kab. Gunung kidul, Yogyakarta.

Google Maps

Instagram

BERBAGI