Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Rate this post
Air Terjun Tlogo Muncar jogja
Air Terjun Tlogo Muncar

Eksotisjogja.com :Kota Yogyakarta sangat dikenal dengan objek wisata edukasi dan budaya, ternyata Yogyakarta juga wisata alam yang sangat menakjubkanyaitu wisata alam air terjun. Air terjun yang dimaksud adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Wisata air terjun ini juga sering disebut dengan nama Air Terjun Kaliurang hal ini memang dikarenakan lokasinya berada di kawasan wisata Kaliurang atau dengan nama lain Air Terjun Tlogo Muncar.

Air terjun ini berlokasi tepat di lereng Gunung Merapi, Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini memiliki jarak yang cukup jauh dari kota Yogyakarta yang berjarak sekitekitar 28 KM dari pusat Kpta Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Air Terjun Kaliurang juga merupakan wisata alam yang sangat diminati oleh para wisatawan dan cukup banyak yang datang mengunjunginya. Untuk menuju akses lokasi air terjun ini Anda tidak perlu bingung apabila masih kurang mengerti jalan menuju tempat tersebut karena lokasinya masih berada di sekitaran obyek wisata Kaliurang.

Untuk mencapai lokasi wisata ini. Anda perlu menempuh perjalanan yang lumayan jauh melintasi Jalan Kaliurang apabila Anda start dari Kota Yogyakarta. Di perjalanan nanti Anda akan menjumpai pintu gerbang yang merupakan gerbang masuk wilayah kawasan Wisata Kaliurang. Dan Anda nanti akan dikenakan penarikan dana untuk tiket masuk seharga Rp 3000 /orang.

Dan Anda akan terus melanjutkan perjalanan untuk mencari tempat parkir yang aman. Dari lokasi parkiran Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi menuju lokasi air terjun dengan melalui jalan setapak sejauh 500 meter. Setelah sampai di lokasi tempat wisata, rasa lelah Anda saat menempuh perjalanan yang cukup jauh menuju obyek wisata air terjun ini akan segera sirna, karena Anda akan melihat keindahan Air Terjun Tlogo Muncar sangat menenagkan hati dengan mendengarkan suara air yang jatuh dari ketinggian dan ditambah lagi dengan suasananya yang sejuk.

Air Terjun Tlogo Muncar
Air Terjun Tlogo Muncar

Air terjun Tlogo Muncar memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter drngan ketinggian lokasi 878 MDPL. Di sana Anda dapat menikmati suasana mandi sambil bermain guyuran air terjun tersebut. Airnya memiliki suhu 20-25 derajat celcius sehhingga terasa begitu sejuk dan segar di tubuh. Airn ini juga merupakan sumber mata air dari lereng bukit Plawangan. Akan tetapi pada saat musim kemarau air terjun ini sering mengalami kekeringan karena debit airnya yang sedikit.

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

[instashow source=”#airterjunjogja” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan