Belajar Budaya di Desa Wisata Tembi Bantul

1
Belajar Budaya di Desa Wisata Tembi Bantul
10 (100%) 1 vote

tembi rumah budaya

Bedasarkan banyaknya survey, review dan share dari situs traveling TripAdvisor, Provinsi Yogyakarta menduduki posisi ke-tiga dari 10 besar destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan di tahun 2016. hal ini membuktikan bahwa sektor pariwisata di Jogja semakin tahun semakin berkembang.

Yang menjadikan Jogja selalu menarik untuk dikunjungi wisatawan salah satunya adalah budaya nya yang kental, orang-orang khususnya wisatawan mancanegara kebanyakan memilih destinasi wistata budaya ketimbang wisata alam. Maka dari itu Yogyakarta adalah pilihan yang sangat tepat untuk dikunjungi jika kamu ingin menikmati wisata budaya.

Selain budaya, hal lain yang membuat Jogja begitu menarik adalah sejarah, panorama, dan wisata yang masih asri. Seperti yang akan kami ulas kali ini, Wisata yang mengajak pengunjungnya ke nuansa alam pedesaan, yaitu Desa Wisata Tembi.

Baca juga: Keindahan Wisata Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

desa wisata

Desa wisata ini terletak di Kelurahan Timbulharjo Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tembi sebenarnya adalah sebuah dusun, namun karena sudah terlanjur terkenal akan sebutannya “Desa Wisata Tembi” maka Tembi pun terkenal menjadi salah satu desa wisata di Jogja.

Yang membuat Tembi semakin dikenal secara luas saat ini karena Homestay-nya mendapatkan Award, sebagai Homestay Desa Wisata terbaik se-ASEAN tahun 2016. Homestay di Tembi memang sangat menarik, sengaja dirancang unik, perpaduan antara budaya khas Jogja dan Klasik. hal ini terlihat dari bangunannya yang mencirikan rumah khas Jogja yaitu Joglo, kemudian interiornya terdapat barang-barang Klasik yang terlihat masih sangat elegan.

Baca juga: Objek Wisata Taman Tebing Breksi Yogyakarta

homestay

Desa Wisata Tembi terkenal dengan julukan Rumah Budaya, karena disini banyak terdapat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan budaya dan kerajinan seperti membatik, melukis, membuat kramik bahkan terdapat juga kegiatan kuliner dengan membuat panganan khas Tempe kedelai.

Tembi juga menawarkan beberapa paket wisata yang menarik, dari paket wisata Outbound, budaya, kesenian, kuliner dan lain-lain. Untuk harga Homestay yang ada disini permalamnya berkisar antara Rp.300.000 – Rp.400.000, dengan fasilitas lengkap kamar mandi, ruang tamu, AC, water heater, breakfast, dan TV LED.

Menurut salah seorang pemilik Homestay yang ada di Dusun Tembi ini, awal mula mengapa Tembi menjadi desa wisata berawal pada tahun 1994 oleh seorang lelaki berkebangsaan Australia bernama Warwick  Pursen Larsen, dia sangat mengagumi pesona alam pedesaan. Kekagumannya tersebut membuat Mentri Kebudayaan Indonesia saat itu menjadi ikut tertarik hingga akhirnya Tembi pun diresikan menjadi salah satu destinasi desa wisata.

Instagram

 

Tinggalkan pesanan