Mencicipi Belalang Goreng Makanan Khas Gunung Kidul

0
Mencicipi Belalang Goreng Makanan Khas Gunung Kidul
Rate this post

Belelang goreng gunung kidul
Belelang goreng gunung kidul

Berburu kuliner merupakan suatu hal yang menjadi kewajiban yang harus  dilakukan bagi wisatawan yang mendatangai sebuah daerah manapun, sebelum mencicipin kuliner di daerah yang di datangi , perjalanan mereka belum lengkap.  Makanan dari singkong seperti nasi tiwul dan gatot ubi sangat populer bagi wisatawan saat berkunjung di Gunungkidul. Namun, Kami ingin menginformasikan tentang makanan lain yang terbilang cuku ekstrim yang berasal dari Gunungkidul, yaitu belalang goreng khas Wonosari Gunung Kidul.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sebaiknya jangan melewatkan untuk mencoba makanan khasnya yakni belalang goreng. Rasanya yang enak, gurih dan renyah, membuat banyak orang ketagihan dengan masakan belalang goreng ini. Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang tepat untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat.

Belalang goreng memang terlihat menggelikan, dengan warna coklat ketuaan setelah digoreng memiliki cita rasa yang menggoda. jangan merasa jijik untuk mencicipi kuliner ini, karena rasanya gurih, renyah dan enak bisa buat Anda ketagihan. Menurut beberapa orang yang telah mecicipinya, belalang goreng ini rasanya mirip dengan masakan kepiting goreng.

Meski dengan bergitu, tidak semua jenis belalang  yang ada enak dan aman untuk dikonsumsi, hanya belalang kayu saja yang bercita rasa gurih dan enak saat diolah menjadi belalang goreng. Belalang jenis ini juga telah diteliti dsebagai makanan sehat, aman, dan bergizi karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi dibandingkan protein yang terdapat pada udang.

Makanan Khas gunung KidulBagi masyarakat Gunungkidul belalang goreng merupakan makanan lezat dan telah lama dijadikannya sebagai lauk makan. Belalang adalah hewan yang mengandung kaya akan protein. Sebagian besar orang yang pernah mencicipi belalang goreng pasti mengatakan bahwa rasa belalang hampir mirip dengan rasa udang atau kepiting goreng.

Bumbu yang digunakan untuk menggoreng belalang ini cukup sederhana, bumbunya antaralain bawang putih, tumbar, garam , penyedap rasa dan untuk rasa pedas manis ditambahkan cabai.

Sebelum digoreng, belalang  terlebih dahulu harus dibersihkan dari kotoran yang ada di dalam perut belalang. Setelah pembersihan selesai, belalang digoren hingga kering. Kemudian dimasak bersama dengan bumbu cabai  yang sudah di giling untuk menambahkan rasa belalang yang pedas manis. Seluruh bagian tubuh belalang mulai kaki sampai kepala bisa untuk dinikmati.

Belalang Goreng khas Gunungkdul banyak ditemui di beberapa titik jalanan di Gunungkidul, terlebih di ruas jalan yang menuju obyek wisata pantai. Biasanya belalang akan mudah di cari dan banyak pada musim penghujan. Padamusim kemarau penjul susah untuk cari belalang.

Karena jumlahnya yang sedikit, pada musim kemarau, Penjual belalang goreng lainya menjual belalang goreng ini dalam kemasan toples dihargai Rp 30 ribu, jika musim hujan harganya bisa lebih murah yakni Rp 20 ribu. Olahan belalang goreng ini bisa bertahan hingga satu bulan, sehingga cocok menjadi oleh-oleh jika sehabis berlibur diGunungkidul. Selain nikmat dimakan begitu saja, belalang goreng juga lezat dimakan bersama nasi putih hangat dan sambal.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan