Berburu Kuliner dan Wisata di Pantai Depok

0
Berburu Kuliner dan Wisata di Pantai Depok
10 (100%) 2 votes

TPI pantai depok

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Disini juga terdapat lokasi pasar ikan yang lumayan besar, hampir semua hasil tangkapan laut yang diperoleh nelayan akan dijual disini. Kamu bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan atau dipasar ini, harganya pun tak akan jauh berbeda.

Baca juga: Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta

pantai depok bantul

Sedikit sejarah tentang pantai Depok, aktivitas nelayan yang ada di pantai ini bermula sejak tahun 1997, ketika itu nelayan yang bersal dari Cilacap yang sedang melaut hingga jauh menemukan tempat pendaratan yang cocok disini, mereka membawa hasil tangkapan yang lumayan banyak kemudian dijual kepada penduduk lokal yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Dan tak lama setelah itu sebagian para penduduk lokal pun akhirnya tertarik untuk beralih profesi sebagai nelayan lokal, atau sering disebut dengan istilah (Tekong). Nelayan lokal pergi menangkap ikan di laut menggunakan perahu bermotor yang dilengkapi dengan cadik semacam alat penyeimbang yang dipasang di samping perahu agar tak mudah oleng saat diterjang ombak.

Karena banyak tangkapan para nelayan, akhirnya dibangunlah pangkalan pendaratan ikan dan tempat pelelangan ikan (TPI) yang bernama Mina Bahari, bahkan tempat pelelangan ikan ini bisa menampung ikan hasil tangkapan dari nelayan dari wilayah lain.

Seiring banyaknya wisatawan yang yang berkunjung ke pantai Depok, maka masyarakat sekitar banyak yang membangun warung-warung yang menghidangkan aneka hidangan laut seperti, cumi, ikan, kerang, udang dala lain-lain.

Baca juga: Menikmati Wisata Hutan Pinus Mangunan, Imogiri, Yogyakarta

gerbang pantai depok

Lokasi pantai Depok terletak sekitar 1,5 km di sebelah barat dari pantai Parangtritis. Rute menuju ke pantai Depok, sebelum memasuki gerbang pembayaran tiket masuk wisata pantai Parangtritis, belok ke arah kanan, lurus terus mengikuti arah jalan aspal, sampai di gapura pantai Depok membayar tiket masuk. Buat kamu yang mencari pasar ikan, letaknya berada di sebelah kanan pantai.

kamu bisa memesan hidangan laut sesuai dengan selera, kalau perlu, ingin yang lebih murah bisa langsung belanja ikan segar ke TPI, kemudian bawa ke salah satu warung untuk segera diolah menjadi makanan yang enak.

Panorama yang disiguhkan di pantai Depok tak jauh beda jika di bandingkan dengan pantai Parangtritis, pasirnya sama berwarna coklat kehitaman, viewnya juga hampir sama, namun disini wisatawan dilarang berenang karena ombaknya sangat besar. Cukup bermain pasir dan ombak di pinggir pantai sudah sangat cukup menyenangkan.

Instagram

 

Tinggalkan pesanan