Berkunjung ke Festival Kesenian Yogyakarta 2016

0
Berkunjung ke Festival Kesenian Yogyakarta 2016
Rate this post

pawai fky 2016

Festival Kesenian Yogyakarta atau lebih akrab dengan sebutan (FKY) merupakan festival tahunan yang diadakan di Yogyakarta, diselenggarakan antara bulan Juni sampai September oleh pemerintah Kota Yogyakarta.

Dipilih di bulan Juni sampai September karena berkenaan dengan liburan siswa dan penerimaan mahasiswa baru di Jogja. Tentu hal ini akan menjadi magnet kuat yang akan menarik para wisatawan dari berbagai kalangan, umur dan genre yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

FKY pertama kali diadakan pada 7 juli 1986 melibatkan beberapa seniman lokal dan luar daerah, selain para seniman banyak juga para pelajar dan mahasiswa yang ikut andil dalam memeriahkan acara tahunan yang sangat di tunggu di Yogyakarta ini.

Baca juga: Desa Wisata Pulesari, Turi Sleman

pawai di malioboro

Kini FKY di tahun 2016 sudah berusia 28 tahun, dan pagelaran kesenian yang diadakan tahunan ini tentu saja akan mebawakan sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. tak hanya membawakan kesenian dari daerah asal atau kebuadayaan Jawa saja.

Kali ini FKY dimeriahkan oleh beberapa kontingen dan talent luar Jogja seperti Belitung Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara,  Mereka berlomba menunjukan peforma terbaiknya dipanggung kesenian Jogja, tak seperti tahun-tahun yang lalu, kali ini FKY dibuka agak terlambat pada tanggal 23 agustus.

Para pasukan pemeriah FKY pun mengadakan pawai melewati Jalan Malioboro, sontak jalanan terlihat sangat ramai dan terlihat penuh, belum lagi para penonton sudah terlihat antusias dan tak sabar sampai memadati pinggiran jalan Malioboro.

Baca juga: Green Kayen, Wisata Baru di Condong Catur Sleman

taman kuliner

Di festival ini kita tak hanya akan melihat kesenian saja, Berbagai bazar, para pedagang, aneka perlombaan dan pusat jajanan atau kuliner akan menemani kamu yang berkunjung kesini, jadi jangan heran jika kamu datang kesini terutama pada saat hari pembukaan dan penutupan akan sangat ramai.

Salah satu event yang paling ditunggu dan selalu ada disetiap pagelaran FKY adalah Art Film Festival, festival film untuk para film maker, filmnya yang dibuat secara independen oleh para mahasiswa dan seniman. semua bebas berekspresi dan leluasa menunjukan idenya tertuang dalam sebuah film.

Selain Art Film Festival, pertunjukan musik dari berbagai genre juga sering dibawakan secara bergantian oleh para peserta. setiap hari selama pagelaran festival seni beberapa band atau grup musik siap menghibur kamu yang berkunjung kesini.

Buat kamu yang belum pernah berkunjung ke FKY dan penasaran seperti apa suasana yang ada di festival tersebut jangan sampai ketinggalan karena festival ini akan berakhir pada tanggal 9 september 2016.

Instagram

 

Tinggalkan pesanan