Berwisata Sejarah ke Goa Sriti Kulon Progo

146
BERBAGI
Berwisata Sejarah ke Goa Sriti Kulon Progo
10 (100%) 1 vote

 

patung

Goa Sriti adalah salah satu wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo Kecamatan Samigaluh, jika di perhatikan keindahan Goa Sriti memang tak ada yang istimewa  di banding dengan dengan goa-goa lain yang ada di Yogyakarta, namun yang menjadi fokus dan rujuan utama kami untuk mengunjungi tempat ini karena Goa Sriti adalah salah satu wisata sejarah yang dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponogoro.

Yaa, Pangeran Diponogoro pernah manjadikan tempat ini sebagai lokasi taktik grilya dan persembunyiannya melawan penjajahan kolonial Belanda, pada tahun 1825-1930 Pangeran Diponegoro memimpin perlawanan Belanda yang kemudian dikenal dengan nama Perang Diponegoro.

pintu masuk

Pepecahan perang ini bermula ketika pihak Belanda memasang patok di tanah milik Dipanegara di Tegalrejo secara sepihak atau seenaknya saja. Karna itu Pangeran Diponogoro merasa muak dengan Kelakuan Belanda yang serakah dan merebut segalanya yang mereka inginkan. Beliau dengan di dukung rakyat sekitar dan beberapa orang Keraton Yogyakarta akhirnya melakukan perlawanan kepada pihak Belanda.

Tak hanya sebagai tempat persembunyian, ternyata Goa Sriti juga menjadi saksi bisu dilantiknya Pangeran Diponogoro menjadi Sultan Abdulhamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau sering disingkat dengan nama (Abdul Hamid).

Seperti goa lain pada umunya, di Goa Sriti terdapat stalatit dan stalakmit yang menghiasi dinding goa, tercium bau lumut yang basah dan lembab. Jika kamu mengunjungi goa ini maka wajib menggunakan jasa pemandu atau juru kunci yang akan memberikan arahan dan menceritakan segala seluk beluk yang ada di Goa Sriti ini.

foto by jogjalan

Wisata Goa Sriti terbilang masih jarang pengunjung, hal ini wajar karna kebanyakan para wisatawan jaman sekarang hanya tertarik dengan wisata yang unik, menarik dengan berbagai macam wahana. Boleh dikatakan wisata Goa Sriti memang terbilang khusus bagi orang yang cinta akan sejarah.

Jarak Goa Sriti kurang lebih 30 KM dari Kota Yogyakarta, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor. Dan rute untuk menuju terbilang mudah. Dari arah tugu pal putih Jogja menuju ke arah barat sampai Kenteng, Nanggulan lalu belok kanan arah Magelang hingga sampai di Dekso, lanjut sampai Kalibawang ke kiri ikuti arah menuju Samigaluh. Ikuti aspal sampai menemukan patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke arah Goa Sriti.

Masyarakat sekitar lokasi wisata Goa Sriti pada umumnya berprofesi sebagai petani atau pedagang warung kecil-kecilan, sebenarnya potensi wisata di lokasi ini masih bisa digali lagi melihat keindahan panorama disekitar goa juga sangat indah, bisa saja dikombinasikan dengan wisata out door atau bisa dimasukan manjadi salah satu tujuan dari paket wisata sejarah di Jogja.

Namun yang lebih penting dalam hal ini adalah peran pemerintah daerah yang bisa mempromosikan wisata di daerahnya dan harus jeli melihat daerahnya yang kaya akan potensi wisata kemudian membangun warganya agar sadar pariwisata dan keuntungan yang diperoleh.

Rute atau Jalan

Tugu pal putih Jogja menuju ke arah barat sampai Kenteng, Nanggulan lalu belok kanan arah Magelang hingga sampai di Dekso, lanjut sampai Kalibawang ke kiri ikuti arah menuju Samigaluh. Ikuti aspal sampai menemukan patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke arah Goa Sriti.

Instagram

BERBAGI