Eksotisme Candi Sambisari Yang Tersebunyi di Bawah Tanah

104
BERBAGI
Rate this post

Candi Sambisari
Candi Sambisari

Selama ini banyak sekali sisa peninggalan jaman dahulu yang berupa sejarah candi yang terletak di tanah yang tinggi dibandingkan dengan daerah di sekitarnya. Padahal candi-candi tersebut memang sebenarnya dibangun di ketinggian atau di lereng bukit seperti Kompleks Candi Gedong Songo yang berada di Ungaran dan Candi Arjuna di Dieng .

Tapi tahukan Anda? Ternyata di Yogyakarta ada terdapat sebuah candi yang berlokasi cukup unik karena candi ini  terletak lebih rendah kira-kira sekitar 6,5 meter dari permukaan tanah. Candi dengan lokasi unik tersebut adalah Candi Sambisari. Candi Sambisari merupakan salah satu warisan dari era Hindu . Candi ini dibangun sekitar pada abad ke-10. Itu dibangun oleh dinasti Syailendra tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Garung.

Candi Sambisari jogja
Candi Sambisari jogja

Candi ini tidak sengaja ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1966 ketika ia menggali lapangan. Adapun penyebab Candi ini terletak lebih rendah dari permukaan tanah diperkiraka karena terkubur oleh material vulkanik dari letusan Merapi pada 1006 . Pada saat itu dilakukan sebuah penggalian oleh Pusat Arkeologi Yogyakarta dimana mereka tidak hanya menemukan bangunan candi saja, akan tetapi mereka juga menemukan artefak lainnya . Artefak yang ditemukan saat penggalian tersebut berupa perhiasan , keramik dan prasasti emas . Penggalian dilanjutkan dengan rekonstruksi candi . Untuk merekonstruksi candi tersebut membutuhkan waktu sekitar 21 tahun.

Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pendamping atau candi pewara yang dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Jika dilihat sepintas tentang Candi Sambisari ini  terlihat hampir menyerupai kastil batu yang terletak tepat di tengah taman. Dengan rumputnya yang tumbuh teratur di pelataran membuat candi laksana permadani hijau yang indah.

Berhubung karena Candi Sambisari ini belum begitu dikenal oleh kalangan wisatawan sehingga membuat tempat ini cukup tenang. Dan banyak juga wisatawan yang menjadikan Candi Sambisari sebagai lokasi photoshoot baik untuk prewedding maupun berfoto-foto bersama teman atau keluarga. Wisatawan pun bisa menggelar tikar di rerumputan dan membuka bekal piknik bersama kerabat. Asyik kan?

Selain dinikmati dari pelataran, keindahan Candi Sambisari bisa dinikmati dari ketinggian karena posisinya yang lebih rendah dari permukaan tanah. Puas menikmati pesona Sambisari, wisatawan juga bisa mampir ke museum mini Candi Sambisari untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah eskavasi candi.

BERBAGI