Eksotisme Candi Sari Yogyakarta

0
Eksotisme Candi Sari Yogyakarta
Rate this post

Candi Sari Jogja
Candi Sari Jogja

Eksotisjogja.com : Wisata Candi Sari dibangun sekitar abad ke-8 selama Rakai Panangkaran memerintah . Candi Sari ini diketahui memiliki hubungan dengan Candi Kalasan sebagaimana yang tercantum dalam prasasti Kalasan tertulilis pada tahun 778 Masehi.

Hal ini yang dikutip dari prasasti bahwa candi ini dibangun dan digunakan sebagai tempat ibadah bagi para bhikkhu . Dari komponen interior dan struktur dari Candi Sari menunjukkan bahwa Candi Sari memiliki fungsi sebagai sebuah biara tempat ibadah. Awalnya candi ini ditemukan pertama kali pada awal abad ke-20 dan mulai restorasi pertama di tahun 1929-1930

Candi Sari ini memiliki ketinggi sekitar 17 meter dan panjangnya sekitar 17,3 meter sedangkan untuk lebarnya 10 meter. Menurut perkirakan candi ini awalnya memiliki dua atau tiga lantai karena dari argumen yang membuktikan adanya bagian yang terbuka di dinding bagian dalam digunakan untuk menempatkan blok kayu. Pada lantai atas candi digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang religius . Sementara lantai bawah sebagai tempat kegiatan keagamaan.

Candi Sari menghadap ke timur . Dindingnya ditutupi dengan Vajralepa , mirip dengan dinding di Candi Kalasan . Dimana pada dinding luarnya dihiasi dengan patung-patung Bodhisattva . Terdapat delapan patung di sebelah timur , utara dan selatan juga duabelas patung lagi berada di posisi bagian barat . Pintu dan bingkai jendela yang dihiasi dengan sepasang pria dan wanita memegang teratai . Kemudia terdapat beberapa dekorasi lain yang bisa Anda lihat dari Candi Sari ini yaitu berupa patung Kinara Kinari ( pria dengan kepala burung ). Candi Sari ini juga dihiasi dengan patung Kala Makara tanpa rahang bawah .

Candi Sari
Candi Sari Jogja

Untuk tiket masuk ke dalam Candi Sari ini pengunjung pengunjung bisa membayar tiket sebesar Rp 2.000 /orang. Dan untuk jam operasi/buka Candi ini adala pada jam 9:00-17:00 WIB. Sedangkan rute menuju Candi Sari dengan transportasi umum : Anda bisa mengambil rute bus umum Yogya -Solo dari Janti dan berhenti di sisi sisi jalan . Lanjutkan dengan ojek ( sepeda motor taksi ) untuk sampai ke kuil. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi : Anda bisa berangkat dari Yogyakarta dan mengarah arah ketimur kemudian ambil rute menuju Candi Prambanan . Perhatikan tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Kalasan.

Logkasi Google Maps 

Instagram :

[instashow source=”#candisari” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan