5 Spot Foto Bagus di Taman Sungai Mudal Kulonprogo

0
5 Spot Foto Bagus di Taman Sungai Mudal Kulonprogo
Rate this post

Taman Sungai Mudal .
Taman Sungai Mudal

Kali ini kita aka membahas tentang objek wisata yang ada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Lokasi wisata ini juga masih terbilang baru akan tetapi antusias para wisatawan masih sangat kuat untuk dapat menikmati pemandangan yang ada di lokasi tesebut. Objek wisata ini diresmikan oleh Bupati Kulonprogo pada tahun 2015, dan saat ini sudah menjadi sarana rekreasi keluarga di berada di tengah alam.

Letak lokasi Taman Sungai Mudal ini berada persis di area perbukitan Gunung Menoreh. Kata “Mudal” merupakan nama dari sumber mata air, namun kata “Mudal” memiliki arti bagi warga sekitar yaitu air yang berkecukupan. Mata air Mudal ini bersumber dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Mata air yang satu ini sangat dikenal sekali dengan ke awetan sumber mata airnya, karena saat musim kemaraupun sumber mata air ini belum pernah kering dan masih bisa mengaliri air untuk kebutuhan air warga setempat.

Taman Sungai Mudal
Taman Sungai Mudal

Sungai Mudal ini memiliki panjang sekitar 600 meter dan disepajang alirannya ada yang berbentuk air terjun kecil atau kalau orang jawa menyebutnya sebagai grojokan. Grojokan ini dapat memper indah taman bunga yang ada di antara tebing Kelir.

Taman Sungai Mudal awalnya tidak dirus seperti halnya kayak hutan alami biasa. Namun pada waktu itu di awal tahun 2015 diadakan kerja bakti oleh masyarakat sekitar. Dengan membersihkan tanaman-tanaman liar dan mempercantik lingkungan tersebut sehingga dibuat sebuah taman. Taman ini memiliki luas sekitar setengah hektar kemudian barulah taman ini diresmikan oleh Bupati sebagai objek wisata.

Taman Sungai Mudal Kulonprogo
Peresmian Taman Sungai Mudal

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke tempat ini disarankan untuk membawa perbekalan minuman snack atau makanan hal ini dikarenakan letak warung dengan objek wisata cukup jauh. Tapi jangan lupa untuk membawa kembali sampah Anda untuk menjaga kebersihan agar tetap menjadi objek wisata yang indah dan menarik.

Bagi Anda yang suka camping di sekitaran tempat tersebut terdapat kawasan camping, sehingga Anda juga bisa menikmati suasana malam hari disana. Bagaimana Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Untuk menuju lokasi tersebut Anda bisa klik link lokasi google maps dibawah ini :

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

[instashow source=”#tamansungaimudal” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan