Berburu Lanskap di Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo

0
Berburu Lanskap di Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo
Rate this post

Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo

Satu lagi obyek wisata yang tak boleh terlewatkan saat kamu berwisata di Yogyakarta khususnya Kulon progo, yaitu Canting Mas Puncak Dipowono, Destinasi wisata ini masih satu wilayah dengan obyek wisata Kalibiru. Tepatnya berada di Dusun Clapar II Hargowilis Kecamatan Kokap.

Puncak Dipowono di buka pada tanggal 27 juli tahun 2015 dan di resmikan langsung oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dengan disertai acara pelepasan burung merpati sebagai simbol bahwa wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini merupakan area wisata yang mengedepankan kelestarian alam demi kelangsungan lingkungan asri bagi warga lokal dan para wisatwan yang berkunjung.

Meskipun masih terbilang baru, obyek wisata Puncak Dipowono sudah ramai dikunjungi para wisatawan, namun masih belum bisa mengalahkan populernya wisata saingannya yaitu Kalibiru. Fasilitas dan panorama disini pun tak jauh beda jika dibanding dengan Kalibiru, berada pada titik elevasi 600 mdpl kita bisa menikmati berbagai lanskap indahnya alam yang terbentang perbukitan menoreh, waduk Sermo dan Kota Wates dari atas sini.

tribunnews pelepasan merpati

Kita juga bisa melihat batas wilayah daratan dan lautan yaitu pantai Glagah dari arah selatan. Area wisata ini di kelola secara mandiri oleh beberapa kelompok masyarakat dan membangun beberapa wahana atau fasilitas demi mendukung kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya.

Sebagai bagian dari nama besar pariwisata Yogyakarta yang sudah terkenal akan keindahan dan pesona alamnya para worga lokal pengelola wisata Punca Dipowono kedepannya berupaya secara mandiri dan didukung oleh pemerintah setempat berkontribusi akan membangun penginapan atau homestay demi membangun pariwisata yang independen tanpa campur tangan pihak pengembang luar.

Selain agar pendapatan warga lokal meningkat, diharapkan hal ini bisa menjadi contoh bagi para warga lokal lain khusunya wilayah yang berpotensi sebagai obyek pariwitasa.

Namun, bicara soal aksen yang dilalui menuju wisata ini kendala yang dihadapi lumayan banyak, seperti halnya trek pegunungan pada umumnya jalannya menanjak dan berliku ditambah lagi lebar jalan yang kurang aman jika kita enggunakan kendaraan roda empat.

Akan sangat bernahaya jika kita berpapasan denagn mobil lain di jalur perbukitan menoreh ini, maka sebaiknya, kendaraan yang sangat kami recomendasikan untuk berkunjung ke lokasi wisata inin adalh sepeda motor, dan sebelum berkendara hendaknya periksa terlebih dahulu kondisi motor terutama pada bagian rem, karna komponon rem ini yang paling terpenting saat perjalanan pulang nanti dengan menuruni bukit yang berliku.

Akses atau Jalan

Kota Jogja – Jalan Raya Wates – Kota Wates – Waduk Sermo – ikuti petunjuk jalan ke Kalibiru (jalan mulai menanjak, harap hati-hati melewati jalan ini) – Desa Wisata Kalibiru

Maps

Instagram
[instashow source=”#puncakdipowono” direction=”vertical”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan