Desa Wisata Ketingan Yogyakarta, Habitat Burung Kuntul Putih

63
BERBAGI
Rate this post

Desa Wisata Ketingan Yogyakarta
Desa Wisata Ketingan

Eksotisjogja.com : Jogjakarta merupakan salah satu daerah wisata yang sudah mencuri hati para wisatawan lokal maupun manca negara. Sebagai kota pariwisata berbasis budaya, Jogjakarata memberikan nuansa berbeda dengan adanya desa wisata yang sudah dikalahkan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kota Jogjakarta.

Desa wisata merupakan salah satu wisata alternatif bagi keluarga, instasi pemerintah maupun swasta yang penat akan suasana kota yang semuanya serba semberawut dan tergesa-gesa. Jogyakarta memiliki banyak sekali desa wisata, salah satu desa wisata yang terkenal di Jogjakarta adalah Desa Wisata Ketingan. Desa Wisata Ketingan terletak di dusun ketingan, desa Kertoadi, kec. Melati, kab. Sleman, DIY. Desa Wisata Ketingan begitu istimewa karena keunikan Faunanya yang tidak dimiliki oleh desa wisata lain.

Desa Wisata Ketingan
Desa Wisata Ketingan

Sejarah adanya perunguntul di Ketinga ini adalah waktu masyarakat Ketingan membuat satu gapura sebagai identitas daripada Desa Wisata Ketingan. Setelah selesai pembangunan gapura, masyarakat mengundang Sri Sultan Hamengkubuwono di mohon berkenan untuk meresmikan gapura dan jalan. Itu kira-kira pada tahun 1997, perlu diketahui bahwa setelah kunjungan Sri Sultan di dusun Ketingan ini terjadi suatu keajaiban alam, dimana dusun Ketingan semula tidak ada sama sekali burung yang bertempat tinggal di Ketingan, namun setelah kunjungan beliau ini datanglah sekelompok burung di ketingan.

Desa Wisata Ketingan Yogya
Desa Wisata Ketingan

Dengan adanya burung yang ada di Ketingan, ini ternyata menarik bagi wisata mancanegara maupun wisatawan domestik. Awalnya keberadaan burung ini diketahui oleh balai konserpasi sumberdaya alam Daerah Istimewa Jogjakarta.

Desa Wisata Ketingan memiliki banyak potensi wisata diantaranya peternakan sapi, warga Desa Ketingan juga mempunyai peternakan sapi yang dikelolah bersama-sama, setiap ternak sapi dinamai sesuai dengan nama pemiliknya. Para wisatawan dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan didalam kandang ternak.

Untuk menjaga kebersihan serta kenyamanan desa wisata, Warga Ketingan bersama-sama mengelolah kotoran sapi menjadi pupuk organik yang nantinya digunakan sebagai pupuk tanaman. Disini para wisatawan juga bisa melihat langsung pembuatan batu bata, mulai dari pengolahan lempung, pencetakan dan pembakaran menggunakan sekap padi.

Desa Wisata Ketingan Jogja
Desa Wisata Ketingan

Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Desa Wisata Ketingan diantaranya wisatawan dari Negara Korea yang ingin belajar langsung tentang kesenian tradisional. Serta dapat secara aktif dalam kegiatan di sawah maupun di kandang ternak. Inilah keindahan alam dengan segala kesederhanaanya yang bisa Anda nikmati di Desa Wisata Ketingan.

BERBAGI