Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman Yogyakarta

438
BERBAGI
Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
9 (90%) 6 votes

img_9150
desa wisata

Desa wisata Pentingsari adalah salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta, terletak di Kabupaten Sleman tepatnya di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Secara geografis, desa wisata Pentingsari berada di bawah kaki gunung Merapi, membuat desa ini selalu di selimuti hawa sejuk baik siang atau pun malam.

Pentingsari adalah sebuah Dusun yang ditetapkan sebagai desa wisata sejak tahun 2008, tiap tahun kunjungan ke desa wisata ini selalu meningkat, khususnya wisatawan manca negara. Seperti desa wisata Tembi di Kabupaten Bantul, desa wisata Pentingsari juga mengedepankan keaslian budaya, alam dan sosial sebagai daya terik utamanya.

Jika diperhatikan di Peta, bentuk geografi dari desa wisata Pentingsari terlihat unik, berbentuk seperti semenanjung, di sebelah selatannya terdapat lembah Ponteng dan Gondoran, di sebalah barat terdapat lembah yang curam yaitu kali Kuning. di timur juga terdapat lembah Kali Pawon, dan di sebelah  utaranya merupakan pemukiman warga lokal dan hamparan luas dari pemandangan gunung Merapi.

Desa wisata Pentingsari punya potensi besar sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, selain memiliki pemandangan yang indah di latari landskap megahnya gunung Merapi, desa wisata ini memiliki 3 aspek unggulan yang membuatnya selalu ramai dikunjungi.

baca juga: Desa Wisata Ketingan Yogyakarta, Habitat Burung Kuntul Putih

outbound

Yang pertama adalah keunikan alamnya yang terjaga, disini kamu dapat melihat hamparan sawah yang luas membentang. Yang kedua sistem kerja dan perberdayaan masyarakat sekitar, dapat kamu lihat hapir semua tenaga kerja dan pengelola desa wisata Pentingsari adalah warga lokal. Yang ketiga adalah budaya, warga lereng lerapi pada umumnya masih memegang teguh budaya Jawa, bisa dilihat dengan bentuk rumah khasnya yaitu Joglo, bahkan Homestay yang ada di sini kebanyakan berbentuk rumah khas Jogja tersebut.

Berkunjung ke desa wisata Pentingsari kamu bisa menikmati paket wisata dan fasilitas lengkap dengan harga yang masih terjangkau, biasanya orang yang memesan paket wisata disini adalah para rombongan pekerja kantoran, wisatawawan asing, atau wisatawanlokal yang sedang mengadakan acara tertentu di Jogja seperti Kopdar.

Baca juga: Belajar Budaya di Desa Wisata Tembi Bantul

pemerahan susu kambing

Untuk menginap di Homestay permalamnya dikenakan biaya sebesar Rp.70.000/orang sudah termasuk makan 3x plus snack, untuk biaya  Tour Guide sebesar Rp.70.000, terdapat juga fasilitas permainan di alam bebas atau Outbound yang bisa disewakan perharinya Rp.15.000/orang.

Menuju desa wisata Pentingsari bisa di tempuh dalam waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari kota Jogja. Dari Jogja ke utara melintasi di Jalan Kaliurang. kemudian setelah sampai perempatan Pakem, belok ke kanan (timur) menuju rumah makan Morolejar. jalan menajak dan terus naik lagi sekitar 2 km di sebelah kiri jalan sudah ada plang petunjuknya desa wisata Pentingsari.

Instagram

 

BERBAGI