Desa Wisata Pulesari, Turi Sleman

515
BERBAGI
Desa Wisata Pulesari, Turi Sleman
10 (100%) 1 vote

wisata out bound

Desa wisata merupakan kawasan pedesaan khusus yang dibangun menjadi sarana wisata para wisatawan, biasanya berkonsep Go Green, atau Back to Nature, suasana alam yang asri dengan tradisi dan budaya yang masih terjaga dengan baik.

Sesuai dengan tema yang akan kita bahas, kali ini kami tim Eksotis Jogja akan me-review salah satu desa wisata yang ada di Sleman, Jogja, lebih tepatnya yaitu desa wisata Pulesari. Desa wisata ini terletak di Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, RT. 01/22, Kelurahan Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Seperti desa wisata lain pada umumnya yang ada di Jogja, di desa wisata Pulesari juga menyajikan budaya sebagai magnet utama untuk menarik perhatian para pengunjung, yang membedakan sedikit desa wisata Pulesari dengan yang lain adalah, disini kita bisa sekaligus berwisata sambil memanen salak langsung dari kebunnya.

Baca juga: Keindahan Desa Wisata Nglingo Kulon Progo

panen salak

Panen salak juga termasuk kedalam salah satu paket wisata yang disajikan desa wisata Pulesari, dan jika kamu hanya berniat untuk panen salaknya saja jangan khawatir, karna penduduk di desa ini juga memperbolehkan para wisatawan untuk memanen langsung dari pohonnya.

Yang perlu diperhatikan saat panen salak adalah berhati-hati, kerena pohon salak termasuk jenis pohon palem yang memiliki banyak duri di bagian pelepah atau batang daunnya, sebaiknya panen salak memakai sarung tangan terlebih dahulu bagi yang belum berpengalaman, karna buah salaknya pun terkadang di selimuti duri-duri kecil yang tak kasat oleh mata.

Paket-paket wisata yang ditawarkan di desa wisata Pulesari kebanyakan bersifat kegiatan luar ruangan atau out bound, dari jelajah sungai, goa, bermain di sawah, panen salak dan masih banyak lagi. Secara geografis desa wisata Pulesari berada di kaki gunung Merapi dengan ketinggian 400-900 mdpl, maka jangan heran jika udara disini terasa sejuk.

Baca juga: Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman Yogyakarta

tari salak

Desa wisata Pulesari pertama kali dibentuk pada tahun 2012 lalu berkat komitmen bersama oleh masyarakat yang sadar akan potensi wisata, demi mewujudkan desa yang aman, nyaman, tentram dan dinamis. Potensi yang dimiliki Pulesari tak hanya tentang keindahan alamnya saja, karena ternyata di desa ini juga memiliki banyak sumber mata air yang mengalir ke sungai-sungai sekitar.

Dengan adanya mata air alami masyarakat sangat diuntungkan dalam hal pertanian, tak perlu lagi mambangun bendungan atau membuat parit-parit irigasi dari sungai. warga hanya tinggal mengalirkan air dengan pipa paralon atau membuat parit kecil untuk jalan air saja.

Kabar baru-baru ini, desa wisata Pulesari termasuk kedalam salah satu dari 20 destinasi wisata yang akan diikutkan kedalam program Internasional Sustainable Tourism Development (STD), hal ini dilakukan oleh mentri pariwisata Indonesia demi memajukan sektor pariwisata lokal yang dinilai memiliki potensi.

Instagram

 

BERBAGI