Goa Jepang Kaliurang, Menilik Sejarah Perlawanan Masyarakat Jogja

Goa Jepang Kaliurang, Menilik Sejarah Perlawanan Masyarakat Jogja
10 (100%) 2 votes

goa-jepang_0601

Goa Jepang yang terletak di lereng Gunung Merapi kawasan wisata kaliurang ini adalah salah satu goa buatan peninggalan pada masa penjajahan Jepang. Goa Jepang ini terlihat sangat eksotis yang dibangun sekitar tahun 1942-1945 yang memiliki fungsi sebagai tempat perlindungan oleh para tentara Jepang dari sekutu pada masa itu. Disana juga Anda dapat melihat kawanan moyet di habitat alaminya.

Untuk mengunjungi tempat wisata bersejarah ini Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu melalui jalan setapak di badan bukit. Goa yang terletak tepatnya di bukit Plawangan ini membuat wisatawan untuk berpetualang menyusuri 25 goa yang terdapat di tempat tersebut. Goa-goa tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga tidak begitu sulit untuk menelusurinya. Dan goa-goa ini memang tidak dilengkapi dengan lampu penerangan akan tetapi para pengunjung tidak perlu khawati karena pada saat ingin masuk kedalam goa, pemandu sudah besiap untuk menyambut para wisatawan. Pemandu tersebut nanti yang akan menjelaskan tentang sejarah goa-goa tersebut, sehingga Anda akan lebih paham dan mengerti tetang sejarahnya. Jadi, Anda tidak akan kecewa saat berkunjung ke tempat wisata tersebut karena selain menikmati tempat wisatanya Anda juga mendapat ilmu pengetahuan tentang sejarah goa jepang tersebut.

Selain wisatawan dapat menyusuri semua goa-goa tersebut wisatawan juga dapat melanjukan perjalanan untuk menempuh Puncak Bukit Plawangan, karena di atas Puncak Plawangan ini wisatawan dapat melihat betapa gagahnya Gunung Merapi yang dapat mengurangi rasa lelah Anda setelah sampai di puncak.

goa

Jadi, jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini dan ingin menempuh Puncak Bukit Plawangan Anda harus menyiapkan stamina yang fit untuk melakukan pendakian. Karena trekking pendakiannya cukup sulit apalagi pada saat musim hujan harus lebih hati-hati jalannya licin dan butuh fisik dan stamina yang kuat. Jangan lupa juga bawa payung pada saat musim hujan agar Anda tidak basah kuyup.

Selain Goa Jepang masih ada lagi tempat wisata lainnya yang terdapat wisata alam Nirmolo Kaliurang yang beradi di bawah pengelaolahan Taman Nasional Gunung Merapi.

Tinggalkan Balasan