Eksotisme Goa Gajah Mangunan, Yogyakarta

435
BERBAGI
Eksotisme Goa Gajah Mangunan, Yogyakarta
10 (100%) 3 votes

Goa Gajah yogyakarta
Goa Gajah Mangunan

Eksotisjogja.com : Goa Gajah merupakan sebuah goa alami yang di dalamnya terdapat sebuah gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah sehingga goa ini diberi nama Goa Gajah. Goa tersebut merupakan goa horisontal yang memilki kedalaman sekitar 200 meter, akan tetapi untuk kedalaman yang sebenarnya belum ada yang tahu dikarenakan adanya tumpukan tanah di sebagian goa sehingga jalan juga menjadi sempit untuk dilewati sampai menembus goa. Karena kondisi alam goa ini juga masih terbilang cukup alami dengan adanya stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa tersebut.

Apabila Anda masuk untuk menelusuri kedalam goa nanti Anda akan menjumpai sebuah pohon besar dan tinggi menjulang hingga ke luar goa, pohon besar ini berada tepat di ujung goa (pintu keluar goa) sehingga menyerupai hutan mini di dalam goa. Keberadaan pohon dan semak-semak di dalam goa dikarenakan ambrolnya atap goa sehingga tanah dan tanaman diatasnya masuk ke dalam goa dan tetap hidup hingga sekarang.

Goa Gajah Mangunan bantul
Goa Gajah Mangunan

Wisatawan yang berkunjung perlu untuk berhati-hati karena lantai goa tersebut sangat licin terutama pada saat musim hujan. Ditambah lagi dengan kondisinya ruangan yang gelap, dan disarankan kepada pengunjung untuk mempersiapkan senter jika ingin masuk dan menjelajahi goa ini. Para wisatawan dapat menjelajahi seluruh bagian dalam goa ini hingga sampai ke pintu keluar yang terletak di lokasi berlawanan.

Uniknya, meskipun pintu masuk goa berbentuk horisontal, pintu keluarnya memiliki bentuk yang berbeda dengan pintu masuk, yakni berbentuk vertikal dengan adanya sebuah pohon besar yang tumbuh dari dasar goa dan menjulang hingga ke luar goa. Untuk keluar dari goa tersebut wisatawan dapat menggunakan anak tangga kayu yang sudah tersedia sebagai alat bantu untuk naik.

Goa Gajah Mangunan jogja
Goa Gajah Mangunan

Selain goa gajah juga terdapat goa-goa kecil lainya disekitaran wilayah tersebut, seperti goa longan, goa wonolagi, goa menek, goa jamiromo, goa vertikal, dan goa kembang. Anda juga bisa melepas lelah di sebelah goa tersebut, karena disana terdapat sebuah gardu dengan pemandang dan panorama alam yang bagus di temani hempasan angin dan udaranya yang sejuk.

Lokasi tepatnya berada di pedesaan kawasan pegunungan, desa Lemahbang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor. Goa ini dapat diakses dari dua arah, pertama melalui jalur Imogiri-Dlingo. Yang ke dua jalur Pathuk-Dlingo-Mangunan.

Link Lokasi Google Maps 

Instagram :

 

BERBAGI