Eksotisme Senja di Candi Barong Dari Teras Ketiga

89
BERBAGI
Rate this post

Candi Barong Yogyakarta
Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong ini adalah candi peninggalan Hindu yang berlokasi tidak jauh dari Istana Ratu Boko, tepatnya di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Disan Anda dapat menikmati pemandangan dari kawasan perbukitan Batur Agung dan juga menikmati hawa di kawasan Candi Barong yang sangat sejuk dan segar. Karena tempatnya yang nyaman dan jauh dari perkotaan sehingga tempat ini sangat cocok sekalai bagi anda yang ingin bersantai.

Candi ini disebut Candi Barong karena memiliki hiasan yang berbentuk seperti kepala barong khas Bali. Candi Barong yang dibangun sekitar abad ke – 9 sampai abad ke – 10 Masehi dan Candi ini merupakan Candi Hindu. Menurut penelitian para ahli, pondasi  dari Candi Barong ini sebenarnya merupakan bukit yang telah dipotong puncaknya. Jika Anda ingin mencapai puncak bukit Candi Barong Anda harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Wisata Candi Barong Yogyakarta
Wisata Candi Barong Yogyakarta

Potongan bukit tersebut lantas dibentuk menjadi balok-balok karena pondasi tersebut akan digunakan sebagai pondasi talud , sedangkan bangunan candi terbuat dari batu andesit. Bangunan Candi Barong ini sendiri berupa punden berundak yang memiliki tiga teras. Teras pertama berupa dasar dari seluruh bangunan candi, sedangkan teras kedua berupa bagian pelataran, dan teras terakhir terdapat dua buah candi utama dan sebuah gerbang.

Lokasi Candi Barong tidak begitu luas, sehingga jika Anda ingin menjelajahinya seluruh komplek candi andi tidak perlu membuang banyak tenaga dan hanya memerlukan waktu singkat. Berhubung candi ini tidak berada di bawah pengelolaan Taman Wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan, maka harga tiket masuk ke Candi Barang ini terbilang sangat murah yakni sekitar Rp 3.000 / orang. Bahkan pada saat penjaga sedang tidak ada maka wisatawan bisa masuk ke area candi tersebut dengan bebas.

Adapun waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Barong ini adalah pada sore hari, terlebih antara bulan Mei hingga September. Dari tempat tertinggi yang berada di puncak tertinggi wisatawan bisa melihat sunset yang indah. Pada momen tenggelamnya matahari anda Anda akan dapat menikmati sunset yang begitu indah dan di saat tersebut biasanya wisatawan banyak yang berfoto-foto.

BERBAGI