Menikmati Pemandangan Embung Banjaroya, Waduk Mini di Atas Ketinggian

781
BERBAGI
Menikmati Pemandangan Embung Banjaroya, Waduk Mini di Atas Ketinggian
10 (100%) 2 votes

dsc_1200Pingin menikmati pemandangan waduk di ketinggian serta suasana perbukitan yang indah dan sejuk? yeah, Embung Banjaroya adalah jawabannya, sebuah waduk mini nan eksotis di atas ketinggian kalibawang kulon progo yogyakata. Waduk mini tempat wisata baru yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi, selain karena aksesnya yang mudah di jangkau, pemandangannya pun sungguh indah dan eksotis.

Berwisata di Waduk Banjaroya bisa menjadi alternatif wisata pilihan liburan bersama keluarga, temen atau orang terkasih. Patung Durian Menoreh Kuning yang berukuran besar merupakan ikon waduk ini yang akan menyapa wisatawan saat pertama kali menginjakan kaki di wisata ini . Untuk rute jalan menuju Embung Banjaroya, Kalibawang ini lebih mudah daripada menuju waduk mini Kleco.

Jika berkunjung ke objek wisata ini ketika cuaca cerah  kita dapat melihat Gunung Merapi dan Merbabu lebih dekat dari waduk ini. Di sore hari Anda dapat menikmati sunset atau matahari terbenam dengan sempurna, walaupun matahari saat terbenam tertutup oleh bukit, tapi Anda tetap dapat menikmati senja berwarna orange ke jingga jinggaan sore hari. Obyek wisata ini cocok sebagai tempat berwisata bersama keluarga maupun berwisata dengan teman teman yang ingin menikmati keindahan alam.

Baca juga: Panorama Alam Eksotis Embung Nglanggeran Gunung Kidul

13741461_1620179634959773_85283873_nAda yang unik dan menarik di waduk mini ini, yaitu terdapat patung durian berukuran cukup besar yang letaknya di pintu masuk waduk. Patung ini digunakan sebagai icon bahwa daerah Kalibawang Kulon progo merupakan sentra penghasi durian menoreh terbaik di Yogyakarta. Jika saat musim durian tiba, di daerah ini sering diadakan festival durian  untuk menarik perhatian penikmat durian.

Embung Banjaroya Kalibawang adalah tempat penampungan air atau waduk berukuran tak sebesar pada umumnya, berukuran kecil di sekitaran lokasi pertanian yang bertujuan untuk menampung kelebihan air hujan dimusim penghujan dan berguna musim kemarau untuk berbagai keperluan baik di bidang pertanian, perkebunan maupun kepentingan masyarakat banyak.

Embuk Banjaroya Kulonprogo ini memiliki luas 60 x 80 meter dan hanya mampu menampung 8 – 10 ribu meter kubik air. Air dari embung banjar roya tersebut bisa mengairi hingga 30 hektar kebun durian  milik warga yang berada di sekitar waduk, dan dimanfaatkan ketika memasuki musim kemarau, selain itu debit air di musim kemarau bisa sampai 2.000 meter kubik  cukup untuk stabilisasi waduk dan mengairi kebun disekitarnya.

Baca juga: Wisata Tersembunyi Waduk Mini Kleco Kulon Progo

dsc00184Selain sebagai penyimpanan air, waduk ini d bangun juga difungsikan sebagai menjaga kekuatan tanah agar tidak terjadi longsor ketika memasuki musim penghujan. Melihat strukutur tanah di daerah sekitar rentan terhadap terjadinya longsor, embung ini memiliki fungsi juga sebagai penahan laju air ketika musim penghujan serta menjaga kekuatan tanah.

Selain memiliki kedua fungsi utama tersebut, pembangunan embung ini juga bertujuan menjadikan sebagai agrowisata buah durian serta juga untuk memperbanyak wisata di wilayah Kulon Progo. Pengembangan kawasan ini diharapkan mampu menjadi kawasan penunjang objek wisata yang sudah ada, yaitu Sedangsono dan Suroloyo .

Baca juga: Wisata Eksotis Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Lokasi Embung Banjaroya

Jl. Kalibawang-Sendang Sono, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672, Untuk mempermudah bisa klik [ Maps Embung Banjaroya ]

Instagram

BERBAGI