Wisata Eksotis Embung Batara Sriten Gunung Kidul

3
Wisata Eksotis Embung Batara Sriten Gunung Kidul
10 (100%) 1 vote

Embung Batara Sriten

Yogyakarta memang terkenal dengan banyak wisata, terutama wisata budayanya, namun kali ini kami akan mengulas wisata unik yang terletak di sebuah bukit, terkesan eksotis dan indah. Embung Batara Sriten namanya yang merupakan sebuah waduk kecil di puncak tertinggi Gunung kidul.

Embung Batara Sriten adalah salah satu tempat wisata yang baru di luncurkan dan dikembangkan, tentunya tidak mengecewakan pengunjung, karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat eksotis. Tempat wisata ini berlokasi di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul yang diresmikan pada tanggal 17 Maret 2015 oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamenkubuwono X.

Kawasan Embung Sriten ini diproyeksikan akan dibangun perkebunan buah buahan seperti buah manggis dan kelengkeng, maka dari itu selain menjadi tempat wisata yang indah, Embung Batara Sriten ini merupakan sebagai tempat penampungan air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tentunya juga untuk perkebunan tersebut ketika musim kemarau tiba. Embung Sriten ini sengaja dibangun berbentuk elips tidak beraturan agar tampak keelokannya dan tentunya dapat memikat hati para pengunjung.

Embung Batara Sriten Nah, buat Anda yang pengen bawa keluarga terutama membawa ank kecil untuk berkunjung ke wisata Embung yang satu ini jangan perlu khawatir, karena Embung Sriten telah dilengkapi dengan pagar di sekeliling waduk dan juga telah di lengkapi dengan adanya pemberitahuan larangan bersandart di sekitar pagar tersebut dan tentunya ada jalan khusus buat pengunjung untuk menikmati bagaimana rasanya jalan-jalan disekitar Embung.

Untuk pengunjung yang lebih suka dengan pemandangan alamnya disekitar kawasan Embung Sriten ini terdapat pepohonan yang berada di sekitar jalur untuk menuju Puncak Mangir. Nah, dari pohon tersebutlah kita dapat menjumpai sebuah bangunan yang terbuat dari semen yang sengaja di bangun sebagai tempat peristirahatan para pengunjung.

Apabila kita naik ke atas lagi, disitulah kita akan sampai di Puncak Mangir. Puncak Mangir merupakan puncak tertinggi di kawasan ini, di puncak inilah kita dapat melihat pemandangan yang memuaskan seperti Gunungkidul, Waduk Gajah Mungkur, Rowo Jombor dan juga wilayah-wilayah lainnya seperti persawahan serta perbukitan.

Sunset Embung Batara Sriten
Sunset Embung Batara Sriten

Berbicara soal lokasi wisata Embung Sriten, tentunya kita penasaran bagaimana jalan menuju wisata tersebut dan pastinya juga pengen tau berapa tarif masuk ke wisata tersebut. Nah perjalanan untuk menuju Embung Batara Sriten ini kita bisa menggunakan sepeda motor. Bagi Anda yang sudah mengenali medan, Anda bisa menggunakan mobil dengan spesifikasi seperti 4WD dan tentunya kita harus mengecek kondisi kendaraan kita agar berfungsi secara optimal.

Adapun rute menuju Embung Batara Sriten adalah sebagai berikut:

Dari kota jogja kita jalan ke Jl. Wonosari lanjut ke Piyungan terus ke Bukit Patuk atau Bukit Bintang lalu nanti ketemu Pertigaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar. Sampai situ lanjut lagi ke Perkebunan Hutan Kayu Putih lalu Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri. Jika letih sebaiknya istirahat sebentar. Setelah terasa segar lanjutkan perjalanan ke Jalan Nglipar-Ngawen terus ke Kedungpoh sampai sana ada Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,4 ke kiri. Nah ikutin jalan aspal dan cor sambil lihat penunjuk arah yang ada disana ke Embung Batara Sriten dan Perbukitan Baturagung (Puncak Tertinggi Gunungkidul).

Setelah sampai tujuan, untuk saat ini kita tidak dikenakan retribusi. Hanya saja kita membayar parkir yang telah disediakan untuk menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor dengan tarif 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Dan yang terakhir adalah masalah kampung tengah (perut), untuk pengunjung yang gak mau repot-repot bawa bekal pengunjung bisa jalan ke bawah ada perumahan warga disitulah terdapat warung-warung makanan.

Lokasi

Alamat Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Atau Bisa Buka Google Maps [Klik]

Foto di instagram

Tinggalkan pesanan