Panorama Alam Eksotis Embung Nglanggeran Gunung Kidul

1
Panorama Alam Eksotis Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Rate this post

embung nglaggeran
http://www.njogja.co.id

Yogyakarta terkenal dengan Provinsi yang memiliki banyak sekali objek wisata. tempat-tempat wisata di Jogja tak pernah habis untuk di bahas. Bahkan jumlah tempat wisata akan selalu bertambah terus menerus. Salah satunya Embung Nglanggeran ini. Telaga unik dan eksotis di atas bukit. Penasaran??

Sebelum dibangun menjadi sebuah embung atau waduk dan diresmikan oleh Sultan HB X tanggal 19 Februari 2013 lalu sebagai objek wisata, Embung Nglanggeran merupakan sebuah bukit yang dulu dikenal dengan Gunung Gandu. Latar belakang di bangun sebuah embuk yakni karena masyarakat di sekitar gunung Gandu ini mengalami kesulitan untuk memperoleh air sehingga menimbulkan inisiatif untuk membuat sebuah penampungan air berkapasitas cukup besar.

Bukit gunung Gardu tersebut lalu dikeruk hingga menjadi sebuah waduk penadah hujan agar bisa mengairi kebun buah milik masyarakat sekitar yang memiliki luas sekitar 20 Ha. Embung ini selain untuk manampung air hujan, juga sebagai penampung air yang berasal dari sumber Sumurup yang letaknya di Gunung Api Purba Nglanggeran.

Baca Juga: Wisata Eksotis Embung Batara Sriten Gunung Kidul

11410425_1087407548020660_1432993349_n

Kontruski telaganya cukup indah dan memiliki nilai lebih untuk menarik pengunjung, di beberapa sisi embung dikelilingnya dipasang  instalasi air, yang tujuannya agar airnya bisa dialirkan menuju perkebunan ataupun persawahan miliki warga.

Untuk mencapai lokasi Embung Nglanggeran ini wisatawan terlebih dahulu untuk mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Begitu pengunjung tiba di puncak embung, mata akan dimanjakan oleh panorama indah dan disuguhi pemandangan telaga buatan yang eksotis. tak bosan bosanya untuk pandang ke sekitar, mata kitajuga akan dimanjakan oleh pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Api Purba Nglanggeran.

Di sisi lainnya juga bisa memandang sebuah lembah yang hijau hingga batas horison yang sangat indah. Pengunjung yang mengunjungi Embung Nglanggeran dilarang untuk berenang atau memancing di embung. Di kawasan wisata ini terdapat sebuah gubuk kecil yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati semilirnya angin berhembus.

Baca juga: Wisata Tersembunyi Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Waktu Terbaik Mengunjungi Embung Nglanggeran

Namun sangat kami di rekomendasikan ketika ingin berkunjung ke embung ini adalah waktu menjelang sore hari. Kenapa Sore? karena letaknya yang terletak di ketinggian, Anda bisa menikmati senja atau sunset di tepi embung tanpa terhalang oleh pepohonan atau perbukitan. disini merupakan tempat terbaik menikmati sunset di jogja.

Lokasi Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. atau bisa mengunjung google maps dengan klik [Google Maps Embung Nglanggeran]

Instagram Embung Nglanggeran

[instashow source=”#embungnglanggeran” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan