Geblek Kulon Progo Yogyakarta

2
Geblek Kulon Progo Yogyakarta
Rate this post

geblek kulon progo

Pasti kalian yang belum mengenal Jogja lebih jauh belum mengenal juga makanan khas dari Kulon Progo yang bernama Geblek. Begitu mendengar namanya saja pasti ada terasa asing, seperti apa bentuknya? seperti apa rasanya?

Bentuk geblek terbilang sangat unik, jka dilihat sekilas bentuknya seperti rantai gabungan dari 3-4 cincin yang terbuat dari adonan tepung, dan uniknya lagi adalah ternyata geblek memiliki pasangan makanannya yaitu tempe bengok atau tempe yang terbuat dari kacang koro.

Kemudian soal rasa, rasa dari geblek khas kulon progo sangat gurih sekaligus kenyal, makan 3-5 geblek aja dijamin kenyang deh, bisa juga kalian menambahkan sambel atau cabe rawit agar rasanya makin nembak di lidah.

Buat kalian yang ingin mencicipi jajanan khas yang satu ini maka wajib berkunjung ke Kulon Progo karena makanan ini sangat jarang dijumpai bahkan di Jogja sendiri, jadi sangat layak jika kamu membawa makanan ini sebagai hidangan atau cemilan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah nanti.

 

Langkah-langkah-membuat-jajanan-kue-cenil
cenil

Namun selain geblek, ternyata masih ada jajanan khas lainnya dari Kulon Progo yang harus kamu coba, salah satunya yang paling recomended adalah Cenil. Jajanan yang satu ini tentu orang sudah banyak yang kenal dan tau rasanya seperti apa.

Karna tak jarang di pasar-pasar tradisional pasti ada bebeapa ibu-ibu yang berjualan cenil, yaa cenil memang termasuk salah satu jajanan pasar yang digemari.  Rasanya kenyal dan berwarna-warni, ditambah parutan kelapa dan sirup gula jawa bikin rasanya dijamin makin enak.

Kalian bisa menemukan cenil jika sedang berkunjung ke Kulon Progo, biasanya mereka berjualan cenil di depan-depan pasar atau di pinggir jalan, jangan khawatir soal harganya, yang pasti gak akan bikin dompet jebol deh. Biasanya mereka menjual satu bungkus cenil seharga Rp.7000-10.000 tergantung porsinya.

Buat kalian yang ingin membawa cenil sebagai oleh-oleh sebaiknya pisahkan cenil dan kuahnya agar tetap tahan lama dibawa dalam perjalanan.

Semoga info kuliner ini bermanfaat buat kalian yang bingung ingin berburu kuliner saat berwisata di Jogja

2 Komen
  1. Nofendy berkata

    okedd

    1. Nofendy berkata

      tes

Tinggalkan pesanan