Menikmati Pancaran Sinar Indah Goa Jomblang Gunungkidul

538
BERBAGI
Menikmati Pancaran Sinar Indah Goa Jomblang Gunungkidul
6.7 (66.67%) 3 votes

Goa Jomblang
@rendy.sunardi

Goa Jomblang merupakan salah satu Goa yang sangat terkenal di Gunungkidul. Goa ini bisa di bilang Goa yang unik dan juga salah satu wisata petualangan di Gunungkidul  yang sangat digemari oleh banyak wisatawan. Wisata yang menantang dan membuat banyak orang penasaran untuk menikmati sebuah cahaya surga nan indah.

Goa yang berlokasi di Desa Pacarejo, Semanu,Gunung Kidul, Yogyakarta banyak di buru oleh wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar indonesia. Dengan membayar yakni 450.000 perorang sudah bisa menikmati indahnya pancaran sinar surga di Gua Jomblang ini. Goa Jomblang biasa ditempuh dari kota yogyakarta dengan waktu 1 jam perjalanan atau sekitar 50 km ke arah tenggara kota. Wisata di sini umumnya berbentuk tour travel, jadi semuanya jadi lebih mudah.

Goa Jomblang merupakan sebuah goa vertikal yang pada dasarnya memiliki hutan purba rapat . Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai pesona alam yang sangat eksotis dan menarik, terutama bagi Anda yang menyukai petualangan atau tantangan. Wisata Goa Jomblang mampu menantang  Anda dalam berpengalaman wisata yang pastinya memacu keras adrenalin.

Untuk menuju ke dasar goa jomblang ini kita terlebih dahulu harus menuruni tebing dengan menggunakan teknik SRT atau biasa disebut (single rope technic). Untuk memasuki dasar goa, kita harus menggunakan peralatan keamanan yang sudah di sediakan oleh pemandu, yakni seperti sepatu bot, helm, lampu dan peralatan SRT.

goa-jomblang-gunungkidul-jogja-1 brobali
Goa Jomblang (pict : adriansamiro)

Dilihat dari atas goas saja, Gua Jomblang ini sudah sangat eksotis dan menarik. Membuat kita tergoda untuk segera masuk kedalamnya. Untuk mencapai dasar goa memang membutuhkan sedikit nyali dan pengorbanan, tetapi pengerobanan  tersebut akan terbayar lunas kerena pemandangan luar biasa yang disuguhkan.

Saat melakukan proses penurunan ke dasar goa, kita akan melihat sebuah tebing dan juga melihat pemandangan alam berupa lebatnya pepohonan dan tanaman-tanaman yang tumbuh di sisi tebing.

Perlu diketahui, di dasar goa jomblang ini di tumbuhi oleh pohon-pohon yang tumbuh rimbun dan lebat, kemudian di dinding-dinding kapurnya diselimuti oleh tanaman perdu dan ada sebuah lorong yang menghubungkan dengan goa vertikal lainnya yaitu  pada Goa Grubug.

Petualangan untuk menikmati keindahan ini tidak berhenti sampai di sini saja, karena untuk selanjutnya Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Luweng Grubug kita memasuki sebuah mulut goa yang berukuran sangat besar. Pada Lorong antara Jomblang dan Grubug ini dihubungkan  sepanjang 300 meter.

Semakin jauh kita melangkah ke dalam goa, maka cahaya pun akan semakin menghilang, tetapi kita bisa menikmati berbagai ornamen cantik yang menghiasi lorong ini dengan senter dan penerangan yang di bawa oleh pemandu perjalanan.

Ketika kita mulai mendengar sebuah suara gemercikan air, maka dapat dipastikan sudah hampir sampai di tempat tujuan akhir. Luweng Grubug ini merupakan sebuah lubang besar di dalam goa yang memiliki keindahan tersendiri yaitu ketika cahaya sinar matahari menerobos masuk ke dalam mulut Gua, Cahaya ini masuk ke dalam goa bisanya ketika pukul 12 siang.

Fenomena unik dan eksotis ini  membentuk satu tiang cahaya dan menyinari flowstone dengan sangat indah. Luar biasa dan menajubkan, mungkin itu kata yang bisa kita sematkan untuk Goa Jomblang ini, sebuah karya alami dari sang Maha Pencipta semesta alam.

Biaya:

Untuk harga tiket caving Jomblang yakni Rp 450.000,-/orang dengan fasilitas : Peralatan SRT satu set, makan siang, asuransi IAG dan guide,dan Transportasi.

Waktu:

Waktu yang tepat untuk caving  di Goa Jomblang adalah pukul 10.00-12.00 karena matahari di posisi vertical.

Lokasi:

berlokasi di Desa Pacarejo, Semanu,Gunung Kidul, Yogyakarta

BERBAGI