Menyusuri Keindahan Goa Kiskendo Kulon Progo

4
Menyusuri Keindahan Goa Kiskendo Kulon Progo
Rate this post

Goa Kiskendo, tentu nama ini masih asing terdengar bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja, apalagi bagi orang yang baru pertama kali datang dan baru mengenal kota eksotis ini. Saya sendiri sudah hampir empat tahun menetap di Jogja namun baru kali ini berkesempatan untuk meliput goa ini.

Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo tak kurang sekitar 38 km dari kota Jogja, jika kalian berkunjung ke goa ini dari Jogja menuju arah barat atau lebih mudah melewati jalan Godean sampai bukit menoreh, kemudian ambil arah ke purworejo, Posisi Goa tepat berada di kiri atau arah selatan jalan jalur Godean-Menoreh-Kaligesing-Purworejo.

Di sepanjang perjalanan menuju goa ini kamu akan disuguhkan keindahan alam dan persawahan yang indah lalu setelah itu melewati perbukitan menoreh kamu akan merasakan kesejukan rimbun pohon yang menutupi jalanan aspal. Dan, setibanya di lokasi kamu akan diberikan tiket masuk, ternyata harganya tak semahal yang saya bayangkan jika membandingkan dengan harga-harga tiket masuk wisata jogja lainnya. kamu cukup membayar Rp.3000/orang namun belum dengan jasa guidenya lho, tapi ya skali lagi ini terhitung murah banget. hehe

Seperti kebanyakan goa-goa pada umumnya, goa Kiskendo tak jauh berbeda, namun yang membuatnya sangat istimewa menurut saya adalah karena terdapat legenda atau kisah tentang tokoh pewayangan yang terpahat pada tembok batu di dekat mulut goa.

relief-goa-kiskendo
relief

Relief ini bercerita tentang tokoh-tokoh pewayangan dan pertempuran hebat antara Masosuro-lembusuro melawan Sugriwo-Subali, tentunya dengan adanya relief ini kita sudah dapat membayangkan sedikit tentang mitos atau cerita yang terdapat di goa ini, goa Kiskendo memang di anggap sakral oleh masyarakat sekitar, karena terdapat banyak bekas petilasan atau pertapaan.

Tak kurang ada sembilan bekas pertapaan di dalam goa ini yaitu Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang, semua pertapaan ini dianggap keramat. Untuk memasuki goa ini saja kita harus ijin terlebih dahulu kepada juru kunci dan di pandu oleh guide lokal yang berpengalaman dan tau tentang seluk beluk tiap sudut goa kiskendo ini.

Memasuki goa kita akan disambut oleh stalaktif dan stalakmit yang menghiasi dinding-dindingnya, panjang goa ini adalah 600 meter lebih dari mulut goa, rutenya bercabang-cabang dan hampir kebanyakan tempat didalam goa masih gelap gulita tanpa penerangan, sepanjang perjalanan menyusuri goa sang pemandu akan bercerita dan menjelaskan tentang sejarah, legenda dan keadaan geologis tentang goa  Kiskendo ini.

Seperti kita sedang diajak tour melewati terowongan yang tiada ujungnya, kita akan dibawa pemandu ke tempat-tempat yang seru di dalam perut bumi. Dan setelah puas menikmati keindahan yang tawarkan goa Kiskendo saya akhirnya bisa bernafas lega menghirup udara dan merasakan terpaan sinar matahari kembali.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang akan berwisata. Jika kamu masih bingung rute menuju ke arah goa Kiskendo, kamu bisa mengikuti map ini..

Maps

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan