Goa Selarong Bagian Kisah Perjuangan Diponegoro

194
BERBAGI
Goa Selarong Bagian Kisah Perjuangan Diponegoro
10 (100%) 1 vote

Goa Selarong Bantul YGY
Goa Selarong Bantul

Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia, pada saat itu Pangeran Diponegoro merupakan musuh yang sangat ditakuti oleh penjajah Belanda karena strategi perangnya. Goa Selarong menjadi bagian dari kisah perjuangan Diponegoro karena dari tempat tersebut Pangeran Diponegoro meyusun taktik berperang yang mematikan bagi lawanya.

Kompleks Goa Selarong menjadi basis perjuangan Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro adalah keturunan dari Raja Mataram yang mengobarkan perang melawan penjajah Belanda pada tahun 1825 hingga 1830. Rangkaian goa ini berada di bagian selatan Kota Yogyakarta tepatnya di kecamatan Pajangan Bantul.

Untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus melewati puluhan anak tangga sejauh 400 meter. Ada banyak goa disini, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda salah satunya Goa Kakung yang dijadikan sebagai tempat mengatur strategi perang.

Goa Selarong
Goa Selarong Bantul

Di goa yang berukuran sempit inilah Pangeran Diponegoro dulunya bersembunyi dari kejaran penjajah Belanda setelah rumahnya dibakar habis. Orang jawa menyebut goa ini dengan sebutan Goa Buntet karena bentuknya yang buntu dan tidak berlubang. Disamping Goa Kakung ada juga salah satu goa yang di kunci dan tidak boleh dimasuki oleh pengujung, goa ini diberi nama Goa Putri.

Walaupun semua goa disini buntu namun Pangeran Diponegoro berhasil bersembunyi dengan baik dari kejaran pasukan Belanda. Tak heran lagi jika kemudian jenderal Belanda saat itu harus memancingnya untuk keluar. DAn akhirnya Pangeran Diponegoro di ajak berunding di Magelang sekitar tahun 1830, namun nyatanya dia ditangkap dan di asingkan ke Makassar, Sulawesi Selatan hingga akhir hayatnya pada tahun 1855.

Goa Selarong Bantul
Goa Selarong Bantul

Goa Selarong kini ramai di kunjungi wisatawan karena mereka tertarik dengan tempat yang menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pemerintah setempat juga sengaja mempopulerkan Goa Selarong tesebut untuk mengingatkan pada masyarakat tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.

Selain menawarkan wisata sejarah tempat ini juga mendirikan berbagai permainan untuk anak yang tersedia disekitar goa tersebut. Untuk mengunjungi komplek Goa Selarong para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4000 saja.

Jika tertarik untuk mengunjungi Lokasi wisata tersebut Anda disni kami menyediakan petunjuk arah dengan menggunakan google maps untuk membantu Anda mempermudah menuju lokasi tersebut. Silahkan klik link lokasi di bawah ini:

Lonk Lokasi Google Maps

Instagram :

BERBAGI