Menyusuri Hutan mangrove pantai Congot Kulon Progo

0
Menyusuri Hutan mangrove pantai Congot Kulon Progo
Rate this post

hutan mangrove

Tumbuhan bakau atau yang lebih populer dengan sebutan mangrove memang memiliki banyak manfaat, terutama karna tumbuhan ini kebanyakan hidup di pinggir pantai berair payau atau di muara sungai, bakau menjadi satu-satunya benteng perhanan yang kuat melawan abrasi, hal ini didukung oleh akarnya yang kuat dan banyak menancap sampai ke dalam lumpur.

Selain menjadi pertahanan utama melawan abrasi, fungsi pokok lain mangrove adalah sebagai rumah perlindungan bagi para hewan atau ikan di lingkungan sekitaran hutan magrove. Karna pentingnya keberadaan hutan mangrove bagi ekosistem sekitar, maka kita juga harus semakin sadar lingkungan.

Dan karna dari awal kita telah mengulas tentang mangrove, maka kali ini kami tim Eksotis Jogja akan mereview destinasi wisata hutan mangrove yang ada di Jogja yaitu hutan mangrove pantai congot, tepatnya berada di pantai Congot, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo. Hutan mangrove disini kebanyakan di tanam secara sengaja dan bahkan sudah ada sejak tahun 1989 silam, maklum saja mangrove ini memang pertumbuhannya lambat, karna itu tumbuhan ini berbatang keras dan sering digunakan sebagai salah satu bahan bangunan bagi para pendududuk yang bermukim di muara.

hutan mangrove from above

hutan magrove pantai congot ini sebenarnya adalah tempat konservasi dan bukan tempat wisata, namun karna semakin meningkatnya minat masyarakan akan wisata, terlebih di Jogja sendiri memang tak memiliki hutan mangrove alami, maka lama kelamaan hutan mangrove di pantai congot berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai di gemari. Masih dikelola oleh warga sekitar, akses dan fasilitas di hutan mangrove terbilang masih kurang memadai.

Untuk menyusuri wilayah hutan mangrove kita harus jalan diatas jembatan bambu, maka kita harus jalan bergantian tidak boleh menupuk pada satu titik agar jembatan tak roboh dan kita tercebur ke lumpur. Walaupun terlihat berbahaya tapi di spot ini lah yang paling disukai para wisatawan, dari sini kita bisa melihat wilayah sekitan pantai congot dan lebatnya mangrove yang tersebar disini.

Kalau kamu menginginkan angel atau sudut yang bagus untuk mengambil foto di spot ini kamu bisa menyewa perahu yang terletak di pinggir jambatan bambu, dari parahu dijamin kamu pasti bisa mengambil sudut yang kamu inginkan untuk di foto.

goa mangrove

Setelah asik menikmati keindahan hutan mangrove diatas jembatan bambu selanjutnya menuju goa mangrove, sebenarnya arti dari goa mangrove sendiri bukanlah goa pada umumnya yang seperti kita bayangkan, goa mangrove disini adalah berupa jalan setapak yang di sebelah kanan dan kirinya ditanami mangrove, sehingga jika kita melewati jalan tersebut maka akan terasa seperti sedang melewati goa.

Harga tiket masuk ke lokasi wisata hutan mangrove pantai congot masih terbilang murah, yaitu Rp.5000 sudah termasuk uang parkir sepeda motor. Waktu yang paling tepet jika kamu ingin berkunjung ke hutan mangrove adalah saat siang menjelang sore hari atau saat pagi hari sebelum terik matahari.

Rute atau jalan

Kota Jogja – jalan Wates – ambil arah menuju Purworejo sampai terminal Wates –  sekitar 10 km ada pertigaan ke kiri – ikuti jembatan Congot – dusun pasir Mendit – ikuti petunjuk arah hutan mangrove

 

Instagram
[instashow source=”#hutanmangrovekulonprogo” direction=”vertical”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan