Berpetualang di Hutan Wanagama Gunungkidul

Rate this post
Hutan Wanagama Gunungkidul
@rizkazulfatulaila

Wisata di Gunungkidul memang mendomisili wisata pantainya, Namun di Gunungkidul yang terkenal dengan tanah yang tandus dan berbatuan kapur, ternyata ada sebuah hutan yang menarik untuk di kunjungi, hutan itu bernama Hutan Wanagama.

Hutan Wanagama ini dulunya merupakan sebuah lahan tandus, gersang, dan panas, sampai akhirnya direboisasi atau dilakukannya penanaman pohon kembali hingga seperti sekarang ini. Penghijauan ini dilakukan oleh akademisi dari Fakultas Kehutanan Gadjah Mada dibantu oleh warga setempat sejak tahun 1964. Sekarang hasilnya sudah bisa terlihat, beragam tanaman tumbuh rindang dan lebat, layaknya sebuah hutan dengan beragam kekayaan hayati di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Hutan Wanagama ini telah menjadi habitat bagi lebih dari 40 jenis fauna dan lebih dari 1.000 flora di dalamnya. Hutan ini memiliki 3 mata air yang tidak kering sepanjang musim yang telah dimanfaatkan oleh penduduk sekitar terutama untuk di gunakan sebagai keperluan sehari hari.

Tiga sumber mata air  yaitu sumber aliran sungai yaitu Sungai Oya, Sendang Ayu dan Banyu Tibo yang menyuplai kebutuhan air serta untuk menopang kehidupan hayati di dalam hutan Wanagama ini. Hutan Wanagama ini tumbuh beraneka flora yang diantaranya  di domisili oleh tanaman pohon Jati (Tectona grandis), Pohon pinus dan lain lain.

Pada saat ini, hutan Wanagama ini di jadikan tujuan wisata di Gunungkidul, Pengelola Hutan Wanagama menyediakan fasilitas pendukung di peruntukan wisatawan yang berkunjung, diantaranya terdapat tempat untuk camping, sarana out bond,kagiatan trek hiking, wisma, aula, wc, dan lainnya yang sangat membantu pengunjung saat berada di hutan Wanagama ini.

Kagiatan yang paling asik yaitu bermalam di hutan ini, bisa bersama rekan-rekan organisasi di berikan kesempatan merasakan camping di hutan Wanagama. Dengan fasilitas yang ada sudah cukup memadai ini untuk melakukan kegiatan dengan peserta bisa mencapai kisaran ratusan orang.

Bagi Anda yang menyukai olah raga di alam bebas, khususnya berpetualang di dalam hutan maka mengunjungi Hutan Wanagama ini merupakan cara yang tepat untuk menyalurkan hasrat berpetualang, Kita bisa melakukan flyover, berburu foto dengan hewan, dan masih banyak hal yang bisa di lakukan di sini.

Perlu diketahui, Wanagama ini masih digunakan sebagai tempat praktik mahasiswa FKH UGM. Di sana, mahasiswa dan dosen FKH UGM melakuan sebuah eksperimen untuk menemukan cara terbaik untuk mengonservasi hutan Indonesia dan membangun tanah kritis untuk menjadi hutan kembali.

Menikmati keindahan hutan dengan menyusuri sampai kedalam pastilah merupakan petualangan yang tidak terbayangkan jika dulu merupakan kawasan yang sangat tandus dan gersang. Akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, kini menjadi hutan yang segar dan menyejukan dan bermanfaat bagi keberlangsungan keanekaragaman hayati sekitar.

Hutan Wanagama ini terletak di desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Hutan Wanagama berjarak kurang lebih 35 km dari Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Dengan kesan asri dan alami, Wanagama menjadi pilihan lokasi outbound di Provinsi DIY Dengan biaya masuk 5000/orang  Anda bisa menikmati keindahan hutan Wanagama Rp. 5.000/orang.

Google Maps

Pos terkait

Tinggalkan Balasan