Jazz Mben Senen, Alunan Musik Jazz di Bentara Budaya Yogyakarta

0
Jazz Mben Senen, Alunan Musik Jazz di Bentara Budaya Yogyakarta
Rate this post

jazz mben senen jogja

Jazz Mben Senen atau dapat diartikan (Jazz Tiap Hari Senin) adalah pagelaran musik Jazz yang diadakan setiap hari senin malam di Bentara Budaya Yogyakarta, event ini diadakan secara rutin oleh beberapa kelompok pecinta musik Jazz seperti (Pecinta Musik Jazz Jogja). Untuk menikmati alunan musik Jazz di acara ini kamu tidak akan ditarik biaya sepeserpun alias gratis, kamu hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

Pada mulanya, terbentuknya event mingguan Jazz Mben Senen di Bentara Budaya Yogyakarta ini berawal dari acara jazz On the Street di Boulvard di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2007, kemudian karena semakin berkembang maka tak lama kemudian acara Jazz ini dipindah ke Bentara Budaya Yogyakarta atas dukungan beberapa pelopor pecinta musik Jazz di Jogja.

Acara Jazz Mben Senen biasanya dimulai dari pukul 20:00 WIB sampai tengah malam, berbagai pemain Jazz ternama juga pernah tampil disini, seperti Danny Eriawan Wibowo seorang basis profesional, terkenal dengan bass tanpa fred nya, kemudian Harli Yoga Pradana, Anggrian Hida (Drummer) dan Diwa Utomo seorang vokalis.

Baca juga: Berkunjung ke Festival Kesenian Yogyakarta 2016

bentara budaya yogyakarta

Tak hanya sebagai panggung hiburan semata, acara ini diadakan setiap minggunya lebih bertujuan untuk kegiatan silaturahmi, ruang belajar antar musisi, berkeluarga, dan berkawan sesama pecinta dan penikmat musik Jazz.

Musik Jazz memang identik dengan kemegahan dan kemewahan yang kebanyakan penikmatnya adalah orang kelas menengah keatas, padahal sejarahnya, terciptanya musik Jazz sendiri berasal dari musik Blues yang terlahir dari rasa prihatin perbudakan orang Negro kulit hitam.

Untuk itu Jazz Mben Senen hadir memecah paradigma yang sudah menjamur lama tersebut, acara ini diadakan secara terbuka bisa didatangi oleh siapapun tak terbatas gender, status sosial dan umur, semua boleh bergabung kedalam komunitas ini.

Baca juga: Bernostalgia di Pasar Kangen Yogyakarta

jazz yogjakarta

Tercatat ada 13 lebih grup Jazz yang siap menapilkan bakatnya di acara ini, seperti Brazzigur Brass Band Feat. Eko Widyamanto Latin Project, Danny Eriawan, Felicidade, Jasmine Feat. Alcatraz Percussion, Mr. Dynamic, Batiga, Tik-Tok, Kaleb Project, Trio Jonathan (Etawa), Tricotado, Alldint, MFE (Music for Everyone), CISS Band serta Donny Wirandana and the Quartet Harmony.

Jangan khawatir kamu akan kesepian disini, Karena selain dapat menikmati alunan musik Jazz gratis, biasanya MC dan beberapa penampil juga siap menghibur kamu dengan banyolan-banyoan atau becandaan yang bisa bikin perut kamu sakit menahan tawa.

Bagi kamu yang ngaku sebagai pecinta musik Jazz pokoknya jangan sampai kelewatan untuk menikmati pertunjukan mingguan yang satu ini di Yogyakarta.

Instagram

[instashow source=”#jazzmbensenen” direction=”vertical”]

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan