Menelusuri Keunikan Kampoeng Cyber Yogyakarta

400
BERBAGI
Menelusuri Keunikan Kampoeng Cyber Yogyakarta
10 (100%) 4 votes

Kampung Cyber Tidak perlu jauh – jauh dari malioboro, saat Anda berlibur ke Yogyakarta sangat tepat jika Anda bersedia menyisihkan waktu berkunjung ke kampung unik di sekitaran taman sari yang bernama Kampoeng Cyber Yogyakarta. Kampoeng Cyber Yogyakarta menawarkan wisata berbasis Internet.

Kampoeng Cyber atau Cyber Village RT 36 Taman merupakan pusat akses internet yang dilengkapi dengan sebuah komputer PC yang diletakan di sebuah pos keamanan umum pada kampung tersebut yang disebut Pos Siskamling, di mana setiap orang yang berkunjung bebas untuk mengoperasikan internet.

Mencerdaskan kehidupan masyarakat agar melek akan teknologi informasi bisa dilakukan oleh siapa saja, tak harus menunggu uluran tangan pemerintah, yang akhir – akhir ini digembar-gemborkan dengan program Internet masuk Desa namun tak kesampaian juga. Salah satunya aksi yang dilakukan oleh warga RT 36 Kampung Taman Kelurahan Patehan, Kota Yogyakarta ini patut dicontoh dan perlu di aspirasi.

Dengan semangat kebersamaan yang dilakukan oleh warga kampung RT 36 Taman, Yogyakarta ini, membangun sebuah tempat akses internet gratis yang cukup sederhana namun memberikan manfaa untuk lingkungan tempat mereka tinggal. Hasilnya terbentuklah sebuah kampung unik yang dapat menarik wisatawan datang ke taman internet, yang pada akhirnya diberi nama “Cyber Village RT 36 Taman”

Baca juga: Berburu Buku Murah di Shopping Center Yogyakarta

Kampung Cyber jogjaMengetahui bahwa sumber daya manusia yang ada terbatas saat itu, warga dipaksa untuk saling belajar bersama-sama untuk memanfaatkan teknologi ini seefisien dan seefektif mungkin membangun dan mencerdaskan masyarakat dengan teknologi internet, dengan membuat para penghuni kampung untuk saling berinteraksi satu sama lain untuk terciptanya pembangunan Program Desa Cyber ini.

Program Desa Cyber ini membuat interaksi antara penduduk melalui media internet meningkat. Ekonomi warga juga naik, terutama dalam penjualan kerajinan tangan secara online. Kebutuhan informasi dan pengetahuan teknologi juga diserap cukup baik, sehingga kehidupan sosial  masyarakat sekitarnya tumbuh lebih subur.

Berkat kegigihan warga kampung cyber ini, sekarang Kampoeng Cyber Yogyakarta sudah mendunia dan memiliki daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kampung ini, selain karena terkenal dengan kampung internetnya, di sini merupakan tempat yang cukup unik karena terdapat karya seni di setiap sudut kampung ini.

Baca juga: Kotagede Pusat Kerajinan Perak di Yogyakarta

Lokasi Kampung Cyber

Taman KT I/434, RT 36 – RW 09, Kel. Patehan, Kec. Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta, Untuk mempermudah menemukan lokasi bisa klik [ Maps Kampung Cyber ]

Instagram

BERBAGI