Kasongan Pusat kerajinan Gerabah di Bantul Yogyakarta

508
BERBAGI
Kasongan Pusat kerajinan Gerabah di Bantul Yogyakarta
10 (100%) 2 votes

gapura sentra gerabah bentul

Kasongan merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. tepatnya  berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Tak seperti tempat wisata lain yang menyuguhkan keindahan alam yang menawan, Kasongan lebih identik sebagai objek wisata khusus bagi para pemburu kerajinan tangan dari tanah liat seperti keramik atau gerabah.

Kasongan memang sudah sejak dahulu terkenal akan kerajinan gerabahnya, para penduduk di sini kebanyakan sudah memiliki keterampilan membuat berbagai macam kerajinan dari tanah liat secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Awal mula sejarahnya dulu wilayah Kasongan menjadi pusat para pengerajin gerabah berawal saat masa penjajahan Belanda, ketika ditemukannya soekor kuda yang mati diwilayah ini, karena penduduk tau bahwa kuda tersebut milik Reserse Belanda, maka si pemilik sawah pun melepaskan hak atas tanahnya karena takut kalau dituduh kemudian dituntut karena telah membunuh kuda milik petinggi Belanda saat itu.

Baca juga: Pasar Seni Gabusan Pusat Kerajinan Tangan di Bantul

guci dari tanah liat

Ketakutan juga terjadi kepada penduduk lainhnya yang mempunyai lahan di sekitar tempat kuda mati itu, akhirnya mereka beramai-ramai melepas hak kuasa atas tanah di area tersebut. Kemudian setelah sekian lama tanah tersebut tak memiliki tuan, penduduk desa lain akhirnya meng-klaim tanah itu.

Penduduk yang mengambil alih daerah ini kemudian beralih profesi dari petani kemudian menjadi pembuat kerajinan tanah liat yang digunakan untuk keperluan dapur, dan seiring berjalannya waktu, kerajinan yang dibuat para penduduk Kasongan pun semakin bervareatif dan berkembang.

Baca juga: Kotagede Pusat Kerajinan Perak di Yogyakarta

kerajinan gerabah kasongan bantul

Tak hanya membuat barang-barang kebutuhan dapur saja, produk yang dihasilkan kini kebanyakan adalah barang-barang hiasan berseni seperti patung, guci, keramik, pot bunga dan lain-lain. Saat ini di Kasongan sudah banyak terdapat toko-toko Show Room atau ruang pameran hasil dari buah tangan kreatif penduduk lokal.

Menuju kasongan dari Kota Yogyakarta di butuhkan waktu kira-kira 20 menit saja, jalur terdekat bisa lewat dari perempatan Ring Road Selatan menuju Jalan Bantul (Perempatan Dongkelan) kemudian berkendara sekitar 10 menit kamu akan menemukan papan penunjuk arah ke lokasi wisata Kasongan, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut.

Instagram

 

BERBAGI