Keindahan Desa Wisata Nglingo Kulon Progo

298
BERBAGI
Rate this post

wisata alam

Liburan atau mengunjungi tempat-tempat wisata merupakan salah satu kesenangan bagi kebanyakan orang, dengan liburan kita bisa me-rileks kan kembali pikiran yang tegang dan lelah setelah berkerja. Namun yang menjadi kendala pertama seseorang ingin pergi berlibur adalah memilih tempat wisata mana yang hendak dikunjungi.

Dan Jogja merupakan satu diantara kota-kota wisata di Indonesia yang sering kali menjadi pilihan para pelancong untuk pergi liburan, kebanyakan para wisatawan yang datang ke Jogja ingin menghilangkan kepenatan dengan berkunjung ke desa-desa wisata yang tenang dan asri.

Bicara tentang desa wisata, kali ini juga kami akan me-review salah satu desa wisata yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, yaitu desa wisata Nglingo. Seperti halnya desa wisata Pentingsari yang terletak di ketinggian kaki gunung Merapi, desa wisata Nglingo juga berada di atas ketinggian, dengan elevasi sekitar  1000 mdpl.

Baca juga: Menjajal Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo

kebun teh samigaluh kulonprogo

Bedanya desa wisata ini bukan terletak di kaki gunung, melainkan di atas perbukitan Menoreh yang membentang luas dan menjadi perbatasan antara Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, dengan ketinggian 1000 mdpl maka sudah dipastikan suhu udara yang ada di lokasi desa wisata ini cukup dingin.

hal ini juga ditandai dengan banyaknya hamparan perkebunan teh yang membentang. Sebenarnya Nglingo adalah sebuah dusun yang terletak di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, namun karena memiliki potensi wisata dan panorama yang luar biasa indahnya, maka dusun ini dibentuk menjadi desa wisata.

Selain perkebunan teh, di desa wisata Nglingo juga terdapat wisata hutan pinus dan air terjun yang menjadi primadona disini. Air terjun tersebut bernama Curug Watu Jonggol, karena letaknya yang tersembunyi dibalik lebatnya pepohonan dan diatas ketinggian, maka para wisatawan harus jalan kaki dengan melewati track yang cukup menantang.

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, desa wisata Nglingo juga menyuguhkan budaya khas sebagai sarana penarik perhatian para pengunjung, kadang disini diadakan Jathilan atau kuda lumping, wayang kulit dan masih banyak lagi.

Baca juga: Keindahan Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo

curug watu jonggol

Melalui paket wisata kamu bisa secara khusus menampilkan salah satu kesenian yang ingin kamu lihat, sekaligus bisa belajar langsung kesenian tersebut. Selain itu buat kamu yang suka dengan alam terbuka terdapat juga camp ground sebagai wilayah khusus para wisatawan yang hendak mendirikan tenda untuk bermalam di desa wisata Nglingo.

Desa wisata Nglingo letaknya tak jauh dari Puncak Suroloyo, yaitu puncak tertinggi di perbukitan Menoreh. Kamu hanya harus berkendara sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi ini.

Tips buat kamu yang hendak menuju lokasi desa wisata Nglingo ataupun Puncak Suroloyo karena jalan menuju ke lokasi akan melewati jalan yang menanjak, berliku dengan lebar jalan yang cukup sempit dilalui mobil diharapkan kamu menggunakan kendaraan sepeda motor atau memakai jasa rental mobil yang sudah mengenal betul jalan ke lokasi ini.

Instagram

 

BERBAGI