10 Wisata Sekitar Pantai Parangtritis Jogja yang Lagi Hits

1
10 Wisata Sekitar Pantai Parangtritis Jogja yang Lagi Hits
10 (100%) 1 vote

parangtritis

Intro:

Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang paling terkenal di Kabupaten Bantul, bahkan di Provinsi Yogyakarta pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja, pantai ini dibuka setiap hari dari pagi sampai sore.

Yang membuat pantai Parangtritis sangat populer dari pantai-pantai lainnya adalah kerena pantai ini sangat berkaitan erat dengan Keraton Yogyakarta Ada sebuah sumber mangatakan bahwa jika kita menarik garis lurus di peta, dari pantai Prangtritis sampai ke Gunung Merapi maka Keraton berada sejajar atau terkena garis imajiner tersebut.

Ini adalah satu bukti bahwa Keraton Yogyakarta tak sembarangan memilih lokasi untuk mendirikan kerajaan setelah pecah dari Kesultanan di Surakarta atau Solo. Selain itu pantai Parangtritis juga selalu di kait-kaitkan dengan mitos ratu pantai selatan atau lebih dengan dengan Nyi Roro Kidul.

Baca juga: Ziarah ke Makam Raja-Raja Imogiri Yogyakarta

delman di pantai

Nyi Roro Kidul menurut mitos yang beredar dia adalah sosok wanita berparas cantik jelmaan makhluk halus penguasa samudra Hindia, dia selalu menggunakan pakaian berwarna hijau, maka banyak orang yang percaya jika ada orang yang memakai pakaian atau baju berwarna hijau di pantai Parangtritis bisa terseret ombak dibawa ke kerajaan makhluk halus.

Ada tempat keren yang tak banyak wisatawan tau di pantai Parangtritis ini, yaitu terdapatnya candi diatas bukit di sebelah timur pantai, jika menuju kesana kita harus berkendara menaiki bukit kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak, namun sekarang wisatawan tak boleh terlalu dekat dengan bibir tebing karena beberapa waktu lalu tebing ini pernah longsor.

Jika kamu tak tertarik mengunjungi tebing ini tak masalah, karena pesona pantai Parangtritis sudah sangat cukup untuk menghipnotis kamu, ditambah lagi kalau kamu mengunjungi pantai ini saat sore hari, gemuruh ombak dipadu dengan sunset yang menawan menjadi moment yang tak akan pernah terlupakan.

Baca juga: Negeri di atas Awan Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

sunset pantai

Selain itu, kamu juga bisa menjajal salah satu permainan yang menarik disini yaitu ATV  (All-terrain Vehicle), dengan membayar uang sebesar Rp.50.000 kamu bisa seru-seruan menggeber kendaraan ini keliling pantai selama setengah jam.

Lokasi pantai Parangtritis dekat dengan pantai Parangkusumo dan pantai Depok, terkadang di hari tertentu diadakan acara festival layangan dan paralayang disini. dan di pantai Depok kamu bisa menikmati berbagai macam sajian khas sea food, membeli ikan segar langsung dari tempat pelelangan ikan.

10 Wisata Sekitar Pantai Parangtritis Jogja yang Lagi Hits:

1. Pantai Depok

Menengok-Pantai-Depok-Yogyakarta

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Alamat: Jl. Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

BACA SELANJUTNYA : PANTAI DEPOK

2. Pantai Pandansari

Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Pandasari sehingga mulai dilirik oleh wisatawan adalah adanya mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai dan antara cemara laut yang rindang. Untuk masuk ke mercusuar ini, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkar hingga sampai kepuncak mercusuar. Meskipun memerlukan tenaga yang tak sedikit, akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang menunggu di puncak mercusuar.

Alamat: Sanden, Gadingsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Selengkapnya: Pantai Pandansari

3. Pantai Pandansimo

Sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya Pantai Pandansimo Baru hanyalah merupakan sebuah hamparan lahan pasir yang berdiri diatasnya rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan, namun karena inisiatif warga dan dikembangkan swadaya oleh masyarakat di sekitar, merekan menanam sebuah pohon cemara udang yang cocok di tanah seperti ini, dan saat ini pantai pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi  sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

Baca selengkapnya: Pantai Pandansimo Bantul

4. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru merupakan sebuah pantai yang di sekitarnya tumbuh banyak pohon cemara yang cukup rindang sehingga cocok digunakan pengunjung untuk berteduh sembari menikmati keindahan pantai yang sejuk oleh semilir angin berhembus. Di sela- sela pepohonan cemara ini menjadikan pemandangan cukup menarik sehingga cocok digunakan sebagai tempat berfoto- foto

Baca Selengkapnya: Pantai Kuwaru Bantul

5. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa CemaraPantai Goa Cemara ini merupakan salah satu pantai yang memiliki daya tarik tersendiri seperti namanya Pantai Goa Cemara. Pantai ini disebut sebagai Pantai Goa Cemara dikarenakan adanya tumpukan pohon cemara yang terbentuk seperti goa dimana terlihat mulut goa yang berlubang. Mulut goa ini juga merupakan gerbang masuk untuk mengakses ke lokasi pantai.

Baca Selanjutnya : Pantai Goa Cemara 

6. Pantai Samas

Kabupaten Bantul tak habis-habisnya menawarkan wisata yang menarik bagi para pengunjung, Kali ini tim Eksotis Jogja masih akan meliput salah satu wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Yaitu pantai Samas, pantai ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Pantai Samai terkenal akan ombaknya yang besar dan berangin kencang.

Baca Selengkapnya: Pantai Samas

7. Pantai Baros

Photo By : @yanuar_surya
Photo By : @yanuar_surya

Pantai baros mungkin masih terdengar baru di wisata jogja. Di pantai ini pengunjung selain bisa menikmati sunset dengan sempurna. pantai ini juga kawasan hutan mangrove yang sangat eksotis. sangat cocok dikunjungi bagianda yang gemar foto di hutan mangrove.

Lokasi: Tirtohargo, Kec. Kretek, Bantul,

8. Pantai Parangendog

Photo by @ashari.riri
Photo by @ashari.riri

Pantai ini berada tidak jauh dari pantai Parangtritis. Dinamai parangendog menurut cerita beberapa waktu yang lalu ditempat ini banyak ditemukan batu dengan bentuk menyerupai seperti telur atau endog dalam bahasa jawa. Dan karena banyaknya batu karang yang menjorok kelaut yang orang sekitar menyebutnya parang, maka jadilah sebuah nama menjadi parangendog.

Lokasi: Desa Girijati, Purwosari, Gunungkidul

8. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Parang Wedang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang banyak dikunjungi wisatawan saat datang ke Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tak lengkap rasanya jika kita sudah jauh-jauh datang ke lokasi yang memiliki berbagai macam tempat wisata tapi tak mencoba semuanya.

Baca Selengkapnya: Pemandian Air Panas Parang Wedang

9. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog ParangtritisKota Yogyakarta memang kaya akan tempat wisatanya dan tidak akan ada habisnya jika membahas tentang tempat wisata yang dimilikinya, seperti lokasi wisata yang satu ini, Bukit Parang Edong Bantul. Disini Anda bisa menikmati alam dari ketinggian dengan pemandangan pantai yang begitu cantik. Jadi jika Anda sedang berwisata ke Jogjakarta sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata bukit yang satu ini.

Baca Selanjutnya : Bukit Parang Endog

10. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Berselancar di atas air sudah biasa tapi bagaiman kalau berselancar di atas pasir, nah di Parang kusumo ada nih Gumuk Pasir yang sering dilakukan berselancar pasir atau sandboarding.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Jogja yang Lezat dan legendaris

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negri jika ingin melakukan olahraga sandboarding atau berseluncur di atas pasir. Di Desa Parangkusumo kecamatan Keretek Kabupaten Bantul Yogyakarta terdapat lokasi sandboarding, lokasi ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan