Keindahan Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo

2
Keindahan Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo
Rate this post

puncak-suroloyo
puncak suroloyo

Puncak Suroloyo adalah titik tertinggi di perbukitan Menoreh yang berada di sebelah barat kota Jogja, memiliki ketinggian 1,019 mdpl, puncak Suroloyo menjadi primadona destinasi para wisatawan yang hendak mencari pemandangan 4 gunung sekaligus, yaitu gunung  Merbabu, Merapi, Sumbing Sindoro serta indahnya kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

Wisata puncak Suroloyo tepatnya terletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, ramai dikunjungi pada saat senja menjelang sore dan saat pagi hari. pada umumnya kebanyakan yang berkunjung adalah para remaja yang hendak mengabadikan moment dengan ber selfie di atas ketinggian sembari menikmati keindahan bentangan alam.

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan ala pegunungan tapi gak mau capek, memang disinilah tempat yang cocok. kamu bisa berkendara (disarankan dengan sepeda motor karna jalan menanjak dan berliku tajam) sampai titik terdekat puncak Suroloyo dan kemudian hanya melangkahkan kaki menaiki 286 anak tangga.

tangga menuju puncak

Di atas puncaknya terdapat beberapa gardu atau pos pengamatan, disini kita bisa berhenti sejenak sambil memulihkan tenaga. meskipun melelahkan menaiki ratusan anak tangga hal itu akan segera terbayarkan dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan, sungguh nikmat yang tiada tertandingi masih bisa melihat dan merasakan kebaikan alam yang terhampar luas di bumi ini.

menikmati senja

Tips jika kamu berencana datang ke obyek wisata puncak Suroloyo ini hendaknya pada saat-saat di musim kemarau, karena pada saat musim kemarau jarang terjadi kabut sehingga pandangan akan sangat jelas saat mengamati landskap, apalagi jika kamu membawa teropong, maka dari arah barat laut akan  terlihat candi termegah di dunia yaitu candi Borobudur di dampingi dua bentengnya yaitu Merbabu dan merapi.

Jalur atau akses termudah untuk sampai ke puncak Suroloyo dari kota Jogja adalah dengan menuju Godean kemudian Sentolo, lalu Kalibawang, setelah melewati daerah kalibawang trek nya akan menanjak menaiki perbukitan menoreh yang terjal dan berliku, maka bagi driver yang belum terlalu hafal dengan daerah ini sebaiknya mengunakan sepeda motor atau pakai jasa ojek yang biasanya bertarif Rp.50.000 pulang/pergi.

Setelah menahlukan jalan terjal dan berliku bukit Menoreh sekitar 30 menit maka akan ada tanda pos pemberhentian atau lahan parkir kendaraan yang hendak berhenti di dekat puncaknya. Tiket masuk menuju puncak Suroloyo cukup murah yaitu sebesar Rp.2000/orang dengan fasilitas yang cukup memadai telah dibangun tangga menuju puncaknya dan telah ada beberapa gardu pandang.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan