Kotagede Pusat Kerajinan Perak di Yogyakarta

Rate this post
kerajinan perak di jogja

Kotagede merupakan salah satu Kecamatan yang terletak di jantung kota Yogyakarta, wilayahnya berbatasan dengan Kecamatan Umbulharjo dan Kabupaten Bantul di sebelah utaranya. Sudah sejak jaman dulu citra Kotagede di Yogyakarta terkenal akan kerajinan Peraknya.

Seni menempa, mengukir, dan membentuk perak menjadi berbagai macam bentuk sudah dikuasai orang-orang Kotagede sejak lama secara tutun-temurun dari generasi ke generasi. Hasil kerajinan perak dari buah karya para pengerajin di Kotagede sudah terkenal hingga ke manca negara, karena banyak juga hasil kerajinan perak yang sudah di eksport ke luar negeri.

Bacaan Lainnya

Hampir sebagian besar warga Kotagede mencari nafkah dari hasil kerajianan perak, hal ini dapat dilihat dari sepanjang jalan utama Mondorakan sampai jalan Tegal, Gendu, banyak toko kerajinan tangan yang terbuat dari perak. Dan di sepanjang jalan tersebut kamu bisa menyaksikan di sebalah kanan dan kiri jalan terpampang kata-kata “perak” atau “Silver”.

Baca juga: 4 Pasar Tradisional di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

kerajinan perak jogja

Harga jual kerajinan perak disini bervariasi tergantung besar kecil, penggunaan bahan baku sampai kerumitan pengerjaan, rata-rata harga yang dipatok mulai dari harga yang terkecil Rp.10.000 sampai harga jutaan rupiah, macam-macam produk seni perak yang dihasilkan tangan telaten warga Kotagede ini, seperti cincin, giwang, dan berbagai macam miniatur becak, kapal, andhong sampai hewan.

Pusat kerajinan tangan perak Kotagede juga sering di sebut sebagai Jewellery of Jogja, tak hanya sebagai pusat oleh-oleh perhiasan di Yogyakarta, kini Kotagede menjelma menjadi salah satu obyek wisata yang ada di kota Jogja, banyak turis manca negara yang berdatangan mencari perhiasan unik, atau sekedar ingin tau dan mengabadikan moment di sini.

Tak hanya kerajinan perak saja yang dijual disini, kamu juga bisa menemukan batu akik, kerajinan tangan yang terbuat dari kulit dan masih banyak lagi. Berkunjung ke Kotagede memang tak lengkap jika tak keliling melihat-lihat sentra kerajinan perak ini, selain dapat memanjakan mata, bagi kamu yang hoby mengoleksi perhiasan unik, disinilah tepat yang cocok untuk kamu kunjungi di Jogja.

Setetelah puas berburu perhiasan, jangan beranjak dahulu jarena Kotagede masih menyimpan banyak poternsi wisata didalamnya. Salah satunya kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Kotagede, makam raja-raja Mataram, atau berburu makanan tradisional di pasar Kotagede.

Baca juga: Pasar Seni Gabusan Pusat Kerajinan Tangan di Bantul

cincin

Di pasar Kotagede kamu dapat menemukan berbagai macam jajanan pasar yang khas, seperti wajik, jenang, cinil, gethuk, dan masih banyak lagi, selain enak, menikmati jajanan pasar juga akan membawamu kembali bernostalgia kembali ke masa kecil dulu, dimana jajanan pasar masih berjaya dan masih sering kita jumpai.

Kini jajanan pasar semakin susah ditemukan, mungkin sekarang kita hanya dapat kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau pedagang kaki lima yang khusus menjual kue saja.

Buat kamu yang penggila kuliner maka jangan lewatkan berkunjung ke pasar tradisional Kotagede ini.

Instagram

[instashow source=”#kotagede” direction=”vertical”]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan