Lokasi dan Sejarah Stasiun Tugu Yogyakarta

Rate this post
Stasiun Tugu Yogyakarta
Stasiun Tugu Yogyakarta

Apabila Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai Kota Gudeg, Anda bisa berhenti dan turun di Stasiun bersejarah yang merupakan Stasiun Besar yang ada di Yogyakarta yaitu Stasiun Tugu. Setasiun ini adalah salah satu gerbang pintu keluar dan masuk oleh wisatawan maupun pengunjung lainnya yang memiliki keperluan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Pertama kali menginjakkan kaki di stasiun ini akan mengingatkan Anda kembali pada masa lampau dimana pada masa-masa era klonial Belanda, karena stasiun ini adalah salah satu peninggalan Belanda. Stasiun ini juga merupakan saksi bisu dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan rangkaian proyek besar Pemerintahan Kolonial Belanda di Pulau Jawa yang melimpah hasil bumi dari pertanian sampai dengan perkebunannya. Jalur Kereta Api ini dikelolah pertama kali oleh Nederlandsch -Indische Spoorweg Maatschappij yang merupakan salah satu perusahaan Perkeretaapian Hindia Belanda. Jalur kereta api ini beroperasi mulai tanggal 10 Agustus 1867 yang menghubungkan antara Kota Semarang, Tanggung dan Surakarta.

Stasiun Tugu Jogja
Stasiun Tugu Yogyakarta

Dengan dibangunnya Stasiun Tugu perkembangan kereta api semakin pesat sehingga gubernur saat itu memperluas pembagunan jalur kereta sepanjang 166 kilometer ke arah Kota Jogja. Kemudian dibangunlah stasiun pertama yaitu Stasiun Lempuyangan, stasiun ini pertama kali beroperasi sejak tanggal 2 Maret 1872 sedangkan Setasiun Tugu beroperasi sejak tanggal 2 Mei 1887.

Stasiun Tugu pada awalnya terlihat sangat kecil dan pelayanan yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan stasiun lainnya. Namun stasiun ini mulai berkembang menjadi stasiun yang besar dikarenakan pelayananya yang cukup bagus, lingkungan yang bersih dan nyaman sehingga membuat penumpang merasa puas. Sejhingga stasiun ini dijuluki dengan Stasiun Rakyat yang membanggakan Kota Jogja

Dengan adanya pengaruh Kolonial Belanda terhadap arsitektur bangunan Stasiun Tugu yang sangat kental terhadap pilar-pilar yang besar dan kukuh membuat stasiun ini sama seperti zaman dahulu yang tidak berbeda jauh dan tetep terjaga keasliannya.

Berkunjung ke Stasiun Tugu sama saja mengingatkan kita ke masa lampau, dan disini juga Anda bisa mengetahui salah satu sejarah dari Kota Jogja lewat transportasinya. Lokasi stasiun yang strategis tepat di dekat Malioboro membuat stasiun ini tidak boleh dilewatkan.

Link Lokasi Google Maps 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan