12 Makanan Khas Bantul yang Enak dan Menggugah Selera

0
12 Makanan Khas Bantul yang Enak dan Menggugah Selera
10 (100%) 2 votes

Mengunjungi suatu tempat belum lengkap rasanya jika belum menyempatkan mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi. Di Bantul terkenal dengan pantai parangtritis dan yang memiliki panorama Alam pantai yang sangat indah dan berpasir putih. Namun Kulinernya juga sangat enak dan perlu Anda cobain.

Berikut 12 Makanan Khas Bantul yang Lezat dan legendaris:

1. Bakmi Pentil

Photo by sobondeso.blogspot.com
Photo by sobondeso.blogspot.com

Makanan ini berasal dari daerah Kecamatan Pundong, Bantul, Bahan dasar mie ini ialah pati ketela. Mie pentil ini memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan jenis mie lainnya, bentuk mie ini panjang dan ukurannya agak besar, memiliki 2 warna khas yaitu warna kuning dan putih, dan yang sangat khas dari mie pentil ini ialah rasanya yang kenyal sehingga disebut mie pentil.

2. Peyek Tumpuk

Photo by tokomesinyogyakarta.com
Photo by tokomesinyogyakarta.com

makanan ini dinamakan Peyek Tumpuk karena bentuknya berbeda pada umumnya yang pipih, sedangkan peyek tumpuk ini berbentuk tidak beraturan hampir bulat sehingga kacang tanah menjadi bertumpuk-tumpuk. Dari bentuk inilah makanan ini lebih dikenal dengan sebutan Peyek Tumpuk.

3. Mie Des

Photo by http://santapjogja.com
Photo by http://santapjogja.com

Makanan ini masih saudara dekatnya dari Mie Pentil. Nama Miedes adalah kependekan kata dari bakmi pedes, makanan khas masyarakat Pundong yang terbuat terbuat dari pati ketela. Rasanya lebih kenyal, ukurannya lebih besar dan bentuknya juga berbeda, karena mie ini dibuat dengan cara diiris bukannya digiling seperti bakmi pada umumnya.

4. Kue Adrem

Photo by bantulkab.go.id
Photo by bantulkab.go.id

Makanan unik ini berasal dari Kecamatan Sanden Bantul, kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Rasa dari kue ini cukup manis dan sedikit gurih, saat digigit akan terasa legit. Karena bentuknya yang unik, kue ini juga sering disebut kue Tholpit (konth*l kejepit). Makanan ini sangat cocok bila disantap dengan ditemani minuman teh panas maupun kopi yang agak pahit karena rasanya yang manis.

5. Sate Klatak

Photo by http://bakpiakinanthi.com
Photo by http://bakpiakinanthi.com

Menu wajib kuliner bantul yang berada di Jejeran, Plered. Potongan daging Kambing muda yang telah dibumbui garam dibakar diatas arang, dan satu hal yang bikin kuliner satu ini unik yaitu alat tusuknya memakai jeruji sepeda dan disajikan bersama kuah gulai. Julukan klatak sendiri datang dari bunyi “klatak klatak” waktu daging menyentuh arang.

6. Gudeg

Photo by beritainfo.web.id
Photo by beritainfo.web.id

Gudeng memiliki tiga jenis yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Nah, bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh buat orang yang anda cintai, anda bisa membeli Gudeg Kering, karena gudeg kering bisa bertahan lama. Untuk bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini anda tidak perlu bingung, karena cabang penjual Gudeg di Jogja ini sangatlah banyak.

7. Krecek

Photo by http://resepdanmasakan.com
Photo by http://resepdanmasakan.com

Sambal krecek merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang banyak disukai oleh semua orang. Sambal krecek biasanya disajikan dengan gudeg yang memiliki rasa yang manis sehingga dapat menambah selera makan dan pas jika dipadukan dengan sambal krecek. Sambal krecek sendiri memiliki rasa yang enak yaitu pedas dan gurih.

8. Oseng-Oseng Mercon

Photo by sewamobiljogja.org
Photo by sewamobiljogja.org

Mendengar namanya saja mungkin sudah terbayang kengerian rasa dari kuliner satu ini. Ya benar sekali, kuliner satu ini memang memiliki rasa yang sangat ngeri yakni rasa pedas. Bisa dikatakan oseng mercon ini termasuk ke dalam menu makanan spesial bagi pecinta kuliner pedas.

9. Cilok Bantul

Photo by Tribunnews.com
Photo by Tribunnews.com

Cilok merupakan jajanan dari tepung tapioka yang berasal dari Jawa Barat. Di dalamnya biasanya terdapat daging cincang yang membuatnya terasa kenyal-kenyal gurih. Saking banyaknya peminat cemilan yang satu ini, cilok bisa ditemukan di kota mana saja. Di setiap daerah, pasti memiliki cilok andalan yang bikin kangen kalau lama-lama absen membelinya. Nama cilok gajahan di populerkan di Bantul

10. Cenil Bantul

Photo by LiburMulu.Com
Photo by LiburMulu.Com

Cenil memang sudah ditakdirkan menjadi makanan khas Pulau Jawa. Karena di beberapa daerah yang ada di pulau tersebut memiliki olahan khas dari tepung ini. Namun, tentunya cenil yang ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur berbeda, baik dari jenis bumbu maupun rasa dan teksturnya. Oleh karena itu, silahkan membandingkan sendiri dengan mencicipi keduanya. Kalau Anda pingin berkuliner saat belibur ke Jogja, Cenil Bantul cocok untuk anda Nikmati.

11. Geplak

Photo by gudeg.net
Photo by gudeg.net

Kue geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Kota Yogyakarta. Kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian diolah sehingga menghasilkan makanan yang manis dan enak. Kue geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan tampilan yang begitu warna-warni, sehingga dapat membuat orang penasaran dan tertarik untuk mencicipi makanan ini.

12. Gatot Bantul

Gatot Gunungkidul
Gatot ini merupakan makanan ringan gunung kidul  yang terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikeringkan sama halnya dengan makanan tiwul. Singkong yang telah dikupas kemudian dibersihkan lalu dijemur bertujuan untuk pengeringan sehingga menjadi gaplek. Namun untuk membuat gatot yang istimewa, gaplek yang digunakan harus yang berkualitas baik.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan