Masjid Kampus UGM, Masjid Kampus Terbesar di Asia Tenggara

0
Masjid Kampus UGM, Masjid Kampus Terbesar di Asia Tenggara
Rate this post

Masjid Kampus UGM
Masjid Kampus UGM

Tidak heran lagi jika banyak orang telah mengetahui bahwa Masjid Istiglal Jakarta adalah salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Akan tetapi masih banyak orang-orang yang belum tahu tentang masjid kampus terbesar di kawasan ASEAN. Salah satunya adalah Masjid Kampus UGM yang sekaligus dijadikan sebagai ikon dan sekaligus pusat kegiatan islami di Kampus UGM.

Masjid kampus ini mulai dibangun pada tahun 1998 dan pertama kali digunakan sejak lima hari menjelang ramadhan 1420 H pada tanggal 4 Desember 1999. Masjid ini tidak hanya menyandang status sebagai masjid kampus terbesar se-ASEAN namun masjid kampus ini juga dikenal dengan kemegahannya sehingga menjadi salah satu tujuan alternatif wisata religi di Kota Yogyakarta.

Masjid Kampus UGM Yogyakarta
Masjid Kampus UGM

Suasana di lingkungan masjid kampus ini memang sangat nyaman dan sejuk ditambah lagi dengan pemandangan di sebelah pintu timur yang membuat kita betah disana. Tangga dan lengkungan gapura yang menjulang ke atas menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisata religi. Anda juga bisa menikmati indahnya senja menua di halaman masjid kampus tersebut. Di masjid ini juga dijadikan sebgai pusat kegiatan islami sehari-hari leh civitas akademik UGM.

Masjid Kampus UGM ini berdiri di atas lahan sekitar 2,5 hektar dengan luas bangunan 3.142 m2 dan halaman masjid kampus yang begitu luas dipenuhi dengan pohon palem yang berjejer rapi. Bangunan masjid ini terdiri dari 2 lantai dimana lantai 1 dipenuhi oleh jamaah laki-laki dan lantai 2 dipenuhi oleh jamaah wanita. Kedua lantai bangunan tersebut mampu menampung jamaah sekitar 5.000 orang jamaah. Dan jika ditambah sayap dan halaman majid sebagai tempat ibadah maka daya tampungnya akan semakin bangyak.

Masjid Kampus UGM Jogja
Masjid Kampus UGM

Interior dari masjid ini didoninasi dengan perpaduan warna emas, hijau, krem dan merah. Warna emas kental yang terdapat pada tiang utma menjadikan prasasti bahwa masjid ini dibangun sebagai hari peringatan emas ke 50 tahun UGM. Meskipun masjid kampus ini adalah salah satu masjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara namun Masjid Kampus UGM tetap mengungsung konsep bangunan ramah lingkungan.

Lokasi Masjid Kampus UGM ini tepat di Jl. Tevesia No. 1 Bulaksumur, Yogyakarta atau berada di sebelah selatan kampus Fakultas Psikologi atau di utara kampus D3 Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Berikut ini adalah link lokasi google mapsnya :

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

[instashow source=”#masjidkampusugm” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan