Menikmati Panorama Indah di Puncak Gunung Lanang

Rate this post
gunung lanang

Kabupaten Kulon Progo memang tak pernah habis-habisnya memberikan kejutan wisata baru bagi para pelancong di Yogyakarta, bagaimana tidak, karna sebagian besar wilayahnya yang kebanyakan bagian dari perbukitan Menoreh, wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo juga di dominasi oleh wisata Puncak yang menyuguhkan panorama alam yang membentang dari atas ketinggian.

Kali ini kami tim Eksotis Jogja akan membahas salah satu wisata yang baru dibuka bulan Mei tahun 2015 yang lalu, yakni Puncak Gunung Lanang, walaupun dinamakan “gunung” tetapi sebenarnya Gunung Lanang adalah salah satu puncak dari gugusan perbukitan kars Menoreh.

Bacaan Lainnya

Jadi kamu tak perlu khawatir gunung ini meletus atau takut kalau akan menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan untuk sampai ke Puncak Gunung Lanang.

landskap from above gunung lanang

Fakta yang unik ternyata di Kulon Progo terdapat dua tempat yang bernama Gunung Lanang, yang satu terletak di dekat Pantai Glagah yang juga disebut Astana Jingga, dan yang satu lagi, yang sedang kita bicarakan yakni Gunung Lanang yang terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Untuk menuju ke gunung Lanang kita akan menggunakan jalur yang sama menuju ke lokasi wisata Goa Kiskendo, jalannya agak menanjak dan lumayan ekstrem jika di lalui mobil, sebaiknya kalian yang hendak berkunjung ke Puncak Lanang lebih baik mengendarai sepeda motor agak lebih efektif menyusuri wilayah perbukitan Menoreh.

Ada mitos yang beredar bahwa lokasi Gunung Lanang dulunya adalah bekas pertapaan atau tempat semedi dari seorang sakti bernama Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. terdapat sebuah gua yang digunakan untuk bertapa dan sampai sekarang masih sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk bersemedi mencari wangsit.

panorama gunung lanang

Tempat persemedian Kyai Lanang berada dekat dengan Puncak Lanang sedangkan lokasi bersemedi Nyi Rantam Sari berada di bawahnya. Konon mitos mengatakan jika ada orang yang bersemedi di dalam goa tersebut dengan membawa Gula Jawa lalu jika gula tersebut bisa menyala jika dibakar dengan api, maka itu adalah pertanda bahwa orang tersebut telah berhasil memperoleh kesaktian.

Gunung Lanang merupakan salah satu puncak dan wisata menarik di Perbukitan Menoreh yang bisa menjadi alternatif  pilihan wisata  selain wisata Kalibiru, dan disini kamu juga bisa melihat keindahan sunset senja, atau panorama yang indah tak kalah indah dari wisat puncak lainnya yang ada di Jogja. Tak hanya itu, dari puncak ini juga dapat kita lihat hamparan luasnya samudra Hindia yang terbentang di arah selatan Puncak Gunung Lanang.

Rute atau Jalan

Kota Jogja ke arah barat –  Ringroad Barat arah Godean – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, lurus – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Jalan Goa Kiskendo – Gunung Lanang

Instagram

[instashow source=”#gununglanang” direction=”vertical”]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan