5 Spot foto Puncak Becici Bantul yang Lagi Hits dan Populer 2017

10 (100%) 1 vote

puncak becici

Ternyata kabupaten Bantul terdapat juga daerah perbukitan, yakni di Dlingo, yang terkenal akan lebatnya pohon pinus, wisata alam di Jogja memang tiada habis-habisnya jika kita mau menelusuri. Selalu ada spot baru untuk bisa di datangi, dan kami Eksotis Jogja sebagai pemburu wisata juga selalu penasaran dengan segala hal-hal baru tentang Yogyakarta.

Kali ini kami akan mengujungi wisata alam yang berada di daerah perbukitan di Bantul, yaitu Puncak Becici. Terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, wilayah ini masih termasuk area resort pengelolaan hutan, terdapat banyak pohon pinus di perbukitan ini, banyak orang juga menyebutnya sebagai hutan pinus.

hutan pinus

Pinus adalah sebutan sekelompok tumbuhan yang tergabung dalam marga Pinus. Di Indonesia penyebutan tusam atau pinus biasanya ditujukan pada tusam Sumatera (Pinus merkusii Jungh. et deVries). Tusam kebanyakan bersifat berumah satu (monoecious), yaitu dalam satu tumbuhan terdapat organ jantan dan betina namun terpisah, meskipun beberapa spesies yang bersifat setengah berumah dua (sub-dioecious). Pohon pinus sering dimanfaatkan untuk diambil getahnya yang sering disebut Damar, dan damar ini sering di ekspor ke luar negri untuk menjadi bahan baku beberapa produk seprti kosmetik.

Kembali lagi soal Puncak Becici, rute yang di Lalui jika perjalanan dimulai dari kota Jogja terbilang mudah, tak seperti perjalanan wisata ke Kalibiru Kulon Progo yang harus menaklukan terjalnya perbukitan Menoreh. Dari Kota kita lalu menuju ke jl. Imogiri Timur, lurus terus sampai menemukan pasar Imogiri, di dekat pasar tersebut ada pertigaan ambil arah kiri, setelah itu tinggal ikuti saja ke perkebunan buah Mangunan.

Jika sampai di pertigaan kebun buah Mangunan dan Hutan Pinus, maka ambil arah ke hutan pinus atau lurus saja dari pertigaan tadi, dari sini sudah ada beberapa plang yang menunjukan arah puncak becici jadi tinggal ikuti saja arahnya.

Sesampainya dikawasan Puncak Becici, kita harus berhenti dengan melanjutkan perjalan jalan kaki sekitar 10 menit, pohon-pohon pinus terhampar daunnya rimbun menutupi tanah dari sengatan matahari, tercium aroma khas pinus yang telah disadap dan diambil getahnya. Tenyata kawasan wisata alam puncak Becici ini dikelola oleh masyarakat lokal secara swadaya lalu memfasilitasinya dengan membangun akses jalan menuju puncak, membangun bangku untuk tempat istirah dan mendirikan beberapa menara di batang pohon.

gardu pandang

Wisata alam Puncak Becici ini huka setiap hari, tidak ada biaya tiket masuk alias gratis, kita hanya dipungut biaya parkir sepeda motor Rp.3000 dan untuk mobil Rp.10.000. Lokasi ini memiliki potensi yang bagus dan masih bisa dikembangkan lebih baik untuk kedepannya.

Puncak Becici merupakan salah satu spot yang tepat untuk menikmati senja sore saat-saat matahari akan tenggelam, apalagi bukit ini menghadap ke arah barat. maka tak heran ketika kami di puncak, banyak orang yang menunggu momen-momen pergantian siang menuju malam. sungguh nikmat Tuhan yang tiada tertandingi masih dapat melihat dan merasakan keindahan alam yang tersaji di bumi ini.

Rute atau Jalan

Kota Jogja – Jl. Wonosari – Perempatan Patuk Gunungkidul, belok kanan – mengikuti petunjuk arah ke Dlingo – Hutan Pinus Sudimoro 1 – mengikuti papan petunjuk ke Puncak Becici – Puncak Becici