5 Spot Foto Bagus di Waduk Sermo Kulon Progo

5 Spot Foto Bagus di Waduk Sermo Kulon Progo
Rate this post

Indahnya-pemandangan-di-Waduk-Sermo
jogjapos

Fungsi waduk sermo kini tak lagi sebatas sebagai penampung air untuk irigasi lahan pertanian, lebih dari itu, karena tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap pariwisata Jogja meyebabkan pemerintah daerah ikut serta memberikan dukungan positif terhadap lokasi wisata yang berpotensi, salah satunya waduk sermo ini.

Waduk sermo terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, kabupaten Kulon Progo, tercatat waduk ini memiliki luas 157 Ha dan dikelilingi oleh perbukitan serta hijaunya pepohonan membuat waduk ini sejuk walaupun saat siang hari.

Meskipun bukan termasuk kedalam wisata populer di Jogja, namun keindahan waduk ini memang tiada duanya, apalagi jika kita melihatnya dari atas perbukitan menoreh. Waduk sermo ramai dikunjungi pada saat siang menjelang sore hari, biasanya orang-orang atau masyarakat sekitar memanfaatkan waduk ini sebagai sarana rekreasi murah meriah atau lokasi pemancingan gratis.

Jika kamu ingin berkunjung ke waduk sermo, bisa ambil arah ke jalan wates menuju kota wates, setelah sampai dikota wates, ikuti petunjuk jalan menuju waduk sermo. Sesampainya di pinggiran waduk ini kamu akan melihat bangunan air PDAM dan perahu-perahu boat yang disewakan bagi para wisatawan.

waduk sermo

Waduk sermo memiliki sejarah yakni telah diresmikan secara langsung oleh mantan presiden Suharto pada 20 november tahun 1996, dibuat dengan cara membendung aliran sungai Ngrancah, memakan waktu pembangunannya sekitar dua tahun delapan bulan, karena letaknya yang diperbukitan, air yang ada di waduk ini terbilang sangat bersih dan menjadi sumber PDAM untuk wilayah Kulon progo dan sekitarnya.

Selain itu juga, waduk sermo sering di sebut-sebut sebagai waduk terbaik se Indonesia karena kualitas airnya yang bagus serta waduk yang memiliki sedimen atau endapan lumpur sangat minim.

Di sepanjang pinggiran waduk terdapat jalan yang sudah dibangun dan terdapat tempat-tepat singgah bagi para wisatawan, jadi jangan khawatir saat kelelahan kamu bisa langsug mampir di salah satu persinggahan yang telah tersedia.

Dan yang paling penting jika kamu yang punya hobby memancing jangan sampai lupa sempatkan bawa alat tempur kalian, di sini ikan yang paling banyak dikenal adalah ikan setan merah yang termasuk kedalam ikan jenis predator pemangsa ikan lain yang lebih kecil ukurannya.

Walaupun tak terlalu serius dan masih asing dengan lokasinya yang terpenting adalah bisa menyalurkan hasrat, soal dapat ikan atau tidak yang penting mancing hehehe…..,

Semoga informasi ini bermanfaat saat kalian yang sedang berwisata di Jogja.

Baca juga pesona pantai glagah kulon progo

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.