5 Spot Foto di Keraton Yogyakarta yang Lagi Hits

5 Spot Foto di Keraton Yogyakarta yang Lagi Hits
7.2 (72%) 5 votes

Keraton jogja

Keraton Yogyakarta

Samapi hari ini tahta pemerintahan Keraton Jogjakarat masih berjalan dengan baik, dan semunya itu sudah ditujukan untuk selalu menjaga budaya yang ada di dalam Keraton.

Yogyakarta memang istimewa, keberadaannya yang mampu bertahan melawan jaman yang membuat orang-orang berdecak kagum. Kota kaya seni budaya dengan kejayaan masalalunya ini seakan menjadi magnet yang menarik bagi wisatawan untuk datang dan datang lagi.

Daerah Istimewa Yogyakarta awalnya merupakan wilayah kesultanan ngayokyakarta hadiningrat, pendirinya adalah Raden Mas Sujana yang setelah dewasa bergelar Pangeran Mangkubumi. Sosok yang mewarisi darah prawijaya lima dari kerajaan majapahit dan panembahan senopati pendiri mataram Islam.

Keraton

Keraton Yogyakarta

Regol Donopratopo merupakan gerbang penghubung masuk kompleks Kedhaton. Di muka gerbang terdapat sepasang arca raksasa Dwarapala yang dinamakan Cinkorobolo di sebelah timur dan Bolobuto disebelah barat.

Kedhaton merupakan tempat bertemunya Raja dengan semua pemangku Kraton. Dengan suasana bangunan joglo yang indah dan berupa ornamen ala Jawa Arab menghiasi di setiap tembok dan pilar. Halaman Kedhaton di rindangi oleh pepohonan Sawo kecil yang menambah suasana sakral jawa lebih jenuk dan menarik.

Abdi Dalem merupakan para penjaga (pekerja khusus) kraton. Di kompleks Kedhaton, mereka selalu menghadap ke arah Kedhaton dan tidak diperbolehkan membelakinya. Selalu menghadap Kedhaton merupakan salah satu cara untuk menghormati Rajanya. Sebab Kedhaton merupakan simbol Raja dan dinasti tempat beliau biasanya duduk.

Keraton DI Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Ternyata Kraton Yogyakarta memiliki peranan penting dalam melestarikan nilai-nilai tradisi dan budaya yang masih di junjung tinggi oleh masyarakatnya. Namun tidak banyak orang yang tau tentang mengenai awal berdirinya kraton Yogyakarta dan perjalannanya sampai saat ini.

Posisi tata letak geokrapis Yogyakarta sangat strategis, karena berlokasi tepat di tengah tengah antara Gunung Merapi dan Pantai Laut Lelatan. Berada di tengah-tengah antara Gunung dan lau merupakan likasi yang baik pada saat itu, karena kedua lokasi tersebut sama-sama sangat di perluka sehingga lokasinya dipiliah di antara keduanya.

Pada jaman dulu gunung itu merupakan tempat kayangan para dewa dan sedangkan pantai sebgai tempat raja lautan. Sehingga itulah dipakai titik tanda untuk mendirika ibukota kerajaan dan agar bisa selalu mendang, dan untuk mendekatkan ke Gunung Merapi di bangun lah sebuah tugu yang disebut Tugu Pal dan untuk menghadap ke pantai selatan dimangunlah Krapyak.

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

Tinggalkan Balasan