Intip Koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

0
Intip Koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala
Rate this post

museum pusat tni

Dasar utama didirikannya museum pusat di lingkungan TNI AU adalah dengan dikeluarkanya surat keputusan dari Panglima TNI Angkatan Udara Nomor 491 pada tanggal 06 Agustus 1960 yang berisikan tentang Dokumentasi, Sejarah dan Museum TNI Angkata Udara.

Museum TNI AU ini diresmikan oleh Panglima Angkatan Udara Laksamana Udara Rusmin Nuryadin pada tanggal 04 April 1969 pada saat itu sedang berkeduduka di makowilu V Tanah Abang Bukit, Jakarta.

Mengingat Kota Yogyakarta merupakan tempat lahir dan pusat perjuangan TNI AU pada periode 1945-1949 juga sebagai tempat penggodokan Karbol AAU, sehingga Museum AURI yang ada di Jakarta dipindahkan  ke Museum Ksatrian TNI AAU di pangkalan Adisucipto Yogyakarta pada bulan November tahun 1977. Setelah dipindahkan maka museum tersebut diresmikan sebgai Museum Pusat TNI AU Dirgantara Manda pada tanggal 29 Juli 1978.

koleksi

Karena koleksi yang semakin bertambah, museum tersebut tidak sanggup untuk menampung koleksi sehingga museum tersebut di pindahkan ke Wonocatur yang merupakan gedung bersejarah pada saat penjajahan Belanda. Pada masa penjajahan gedung ini berfungsi sebagai pabrik gula dan juga sebagai Depo Logistik.

pesawat

Saat ini koleksi Museum TNI AU sudah lebih dari 10.000 koleksi komponen alutsista dan 40 pesawat terbang dari negara Timur sapai Barat. Selain itu terdapat juga koleksi foto-foto, diorama-diorama, lukisan-lukisan, tanda-tanda kehormaan dan lain sebagainya yang tersusun dan tertata rapi sesuai dengan berdasarkan kronologi peristiwa.

Jika tertarik untuk mengunjungi Museum Pusat TNI AU tersebut Anda bisa langsung datang ke lokasi yang terletak di ujung perbatasan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Sleman atau lebih tepatya di komplek Pangkalan Udara TNI AU Adisucipto Yogyakarta. Lokasi tersebut tidak begitu jauh dari Kota Jogjakarta hanya sekitar 6 KM ke arah timur dari Kota Jogja.

Sedangkan harga tiket masuk ke Museum Pusat TNI AU ini sebesar Rp 3000 untuk perorangan dan Rp 2000 untuk rombongan minimal 30 orang. Museum ini beroperasi atau buka dari hari Senin sampai Minggu jam 08.30-15.00

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan