Museum Ullen Sentalu Sajikan Seni & Budaya Jawa Dengan Unik

947
BERBAGI
Museum Ullen Sentalu Sajikan Seni & Budaya Jawa Dengan Unik
4 (40%) 1 vote

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Museum Ullen Sentalu

Kali ini kita akan membahas tentang museum yang ada di Seleman Yogyakarta, disana terdapat salah satu museum terbaik di indonesia, namanya museum adalah Museum Ullen Sentalu. Selain menikmati keindahan suasanannya, disana Anda bisa bisa memperkuat pengetahuan tentang seni dan budaya jawa khususnya dari jaman kerajaan mataram.

Sebagai cara untuk menyajikan beragam informasi sekitar seni dan budaya jawa yang ada dengan cara berbeda. ini lah Museum Ullen Sentalu yang terletak di kawasan Kaliurang Seleman Yogyakarta. Disini pengunjung akan disambut dengan rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara yang ada dilereng Gunung Merapi.

Dan begitu saat masuk kedalam kawasan museum mata akan dimanjakan dengan keindahan arsitektur yang kental akan pilosopi masyarakat jawa. Salah satunya dengan letak bangunan yang berada di dalam garis imajiner, yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Kraton Jogjakarta dan laut selatan.

Museum Ullen Sentalu bangunan
Museum Ullen Sentalu

Tak perlu khwahatir tersetat, para pemandu handal siap mengantar Anda berkeliling dan menjelaskan secara rinci sejarah yang ada di museum tersebut. Termasuk soal kisah dibalik ratusan koleksi seni dan budaya jawa peninggalan kerajaan mataram. Dan satu hal yang perlu dingat, pengunjung dilarang berfoto atau mengambil gambar dalam bentuk apapun.

Museum Ullen Sentalu terbagi atas beberapa ruangan, yang pertama ruang seni dan gamelan, konon seorang sultan harus mampu menciptakan karya seni. Raja kesultanan Jogjakarta sultan hamengkubuwono  ke-9 telah menciptakan sembilan tarian. Salah satunya merupakan tari menak, tarian yang bercerita tentang pertarungan dua putri berbeda eknis yang memperrebutkan seorang pangeran. Dan terdapat juga ruangan selanjutnya yang merupakan ruang pamer koleksi lukisan para tokoh besar di Dinasti Mataram.

Saat Anda berjalan di depan lukisan-lukisan yang terdapat di Museum Ullen Sentalu ini, Anda akan merasa seperti diawasi. Hal ini dikarenakan cara teknik melukis pada bagian mata di setiap tokoh di lukis dengan menggunakan teknik tiga dimensi, sehingga matanya terasa seperti mengikuti kemana saja pengunjung berada.

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu

Di Museum Ullen Sentalu ini terdapat juga ruangan yang menampilkan beragam koleksi batik, sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas perbedaan karakter antara batik Jogjakarta dan bati Solo.

Museum Ullen Sentalu ini tak hanya mampu menumbuhkan kecintaan akan warisan budaya, akan tetapi hal lain yang mengikat dan elegan menjadikan museum ini sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia. Yang tentunya wajib masuk dalam daftar tujuan wisata saat berkunjung ke Jogjakarta.

Link Lokasi Google Maps

Instaram :

BERBAGI