20 Negeri Diatas Awan Jogja yang Mempesona

0
20 Negeri Diatas Awan Jogja yang Mempesona
Rate this post

Yogyakarta / Jogja merupakan sebuah surga yang di titipkan oleh tuhan di Dunia. Mungkin ungkapan tersebut agak berlebihan namun itulah gambaran keindahan yang dimiliki oleh Jogja.

Setiap tahun jogja terus berinovasi menghasilkan wisata yang cukup banyak menarik wisatawna untuk berkunjung ke jogja. Oke tak usah berpanjang lebar. Inilah 50 Surga keindahan jogja yang sangat sayang anda lewatkan:

1. Bukit Panguk Kediwung

Photo by @ihsanudn
Photo by @ihsanudn

Jogja tidak akan ada habisnya jika membahas tentang tempat wisata yang dimilikinya, seperti lokasi wisata yang satu ini, Bukit Panguk Bantul. Disini Anda bisa menikmati alam sejuk dipagi hari dengan sunrise yang menyejukan mata memandang, disini banyak spot foto yang keren. Jadi jika Anda sedang berwisata ke Jogjakarta sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata tersebut.

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul

2. Bukit Mojo Gumelem 

Sama Halnya dengan bukit Panguk, Di Bukit mojo Anda dapat menikmati senja dengan leluasa dari gardu pandang yang telah di sediakan oleh pengelola. Seperti halnya Gardu Pandang yang terdapat di Bukit Panguk, Pada Gardu pandang di Bukit Mojo ini juga menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan dan pastinya indah banget dan terdapat spot keren untuk pecinta selfie.

Lokasi: Gumelem, RT. 40, Mangunan, Dlingo, Bantul

3. Kebun Buah Mangunan

Photo by @ihsanudn
Photo by @ihsanudn

Negeri diatas awan jogja, begitulah julukan bagi Kebun Buah Mangunan di Bantul ini, adapun daya tarik utama tempat wisata ini adalah gardu pandang mangunan. Gardu pandang ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan gumpalan awan membalut pegunungan sewu.

Lokasi:  Mangunan, Dlingo, Bantul

4. Bukit Kali kuning

photo by @mardiya37
photo by @mardiya37

Bukit Kali Kuning merupakan tempat menarik yang terdapat di sekitar lereng gunung Merapi yang mempunyai panorama yang sangat menarik. Lokasi bukit ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah, camping ataupun outbond training. Wisatawan dapat melihat pemandangan di sekitar tempat ini dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang sangat menawan dan berlatar belakang gunung Merapi yang terlihat jelas.

Lokasi: Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

5. Tebing Watu Mabur

Gardu Pandang Tebing watu mabur merupakan wisata alam menyajikan pemandangan alam yang sangat cocoksebagai tempat untuk berburu sunset dan sunrie. Tebing Watu Mabur juga merupakan lokasi camping yang cocok untuk mengisi liburan Anda bersama teman teman maupun pacar tercinta (Pasar Setelah Menikah).

Lokasi: Desa Mangunan, RT 28 Lemahbang, Dlingo, Bantul, DIY.

6. Bukit Cendana

Photo by @kinaryo_palupi
Photo by @kinaryo_palupi

Bukit Cendana menawarkan sebuah pesona alam yang berpadu dengan latar belakang Waduk Sermo. Wisata ini hadir dengan konsep spot foto gardu pandang tak jauh berbeda dengan wisata alam Kalibiru. Di Bukit ini akan terasa udaranya yang sejuk, suguhan alamnya yang hijau serta lokasinya yang masih sangat sepi bisa membuatmu betah belama-lama di sini.

Lokasi: Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

7. Jurang Tembelan

Photo By : @ihsanudn
Photo By : @ihsanudn

Jurang Tembelan kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang sedang Ngehits. Jika Anda tahu lokasi Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak terlalu jauh dari gardu pandang Mangunan. Jurang Tembelan merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja. Sama halnya dengan Kebun Buah Mangunan, Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret matahari terbit.

Lokasi: Desa Mangunan, Dlingo, Bantul

8. Pinus Pengger

Photo By : @masmeya
Photo By : @masmeya

Hutan Pinus Pengger Dlingo merupakan alternatif wisata hutan pinus di perbukitan Dlingo selain Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini menawarkan daya tarik wisata alam yang lebih alami dan lebih asri dibandingkan hutan pinus yang berada di daerah Mangunan tersebut. Disini pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan malam hari di atas bukit bintangnya, pengunjung akan melihat bertebaran di bawah (Lampu Penduduk)

Lokasi: Desa Terong, Dlingo, Bantul

9. Watu Goyang

Photo By : @totohandoko
Photo By : @totohandoko

Wisata Puncak Watu Goyang mulai diberdayakan oleh warga sekitar pertengahan tahun 2016 lalu namun baru benar-benar baru dinikmati beberapa waktu ini dengan pembukaan akses jalan yang dibantu oleh Pemda dan dilengkapu dengan fasilitas lainnya seperti parkir dan WC serta beberapa gazebo. Puncak Watu Goyang dapat dinikmati oleh pengunjung kapan saja baik pagi, siang maupun pada malam hari.

Lokasi: Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul

10. Watu Ngadek

Photo by @totohandoko
Photo by @totohandoko

Watu Ngadek merupakan sebuah spot berfoto alami dan unik dengan latar belakang pemandangan yang keren. Watu Ngadek berlokasi di hutan pinus Pengger yang dapat dinikmati keindahannya dari senja pagi hari hingga pada malam hari. Pada malam hari pengunjung dapat melihat gemerlapan kota yang berada di bawah bukit ini.

Lokasi: Desa Terong, Dlingo, Bantul

11. Gardu Pandang Pinus Asri

Photo By : @totohandoko
Photo By : @totohandoko

Gardu pandang Pinus Asri ini berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Hutan Pinus Imogiri yang terkenal dengan panggung alamnya berbeda dengan Hutan Pinus Asri ini. Kehadiran gardu pandang pinus Asri ini melengkapi keindahan alam di kawasan hutan pinus. Sebab di Gardu pandang ini pengunjung bisa berfoto selfie dengan background hutan dan dataran rendah Imogiri.

Lokasi: karangasem Muntuk Dlingo

12. Watu Amben

Photo by @topekh98
Photo by @topekh98

Di Watu Amben pengunjung bisa menikmati suasana perbukitan yang alami di iringi oleh semilir angin yang berhembus. Kawasan ini setiap hari selalu penuh dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Kedatangan mereka di Watu Amben kebanyakan untuk menikmati pemandangan Yogyakarta dari atas bukit. Nama Watu Amben sendiri berasal dari kata Watu yang berarti batu dan amben yang berarti ranjang.

Lokasi: Jalan Pleret-Patuk, Pandeyan, Srimulyo, Piyungan, Bantul,

13. Bukit Lintang Sewu

Photo By : @dianaputriles
Photo By : @dianaputriles
Bukit Lintang Sewu merupakan sebuah wisata perbukitan di Dlingo Bantul yang memiliki daya tarik utama sebagai lokasi menikmati matahari terbenam atau sunset. Jika di Bukit Panguk pengunjung bisa menikmati Sunrise nah di bukit ini pengunjung banyak berdatangan di waktu sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

Lokasi: Desa Muntuk, Dlingo, Bantul

14. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis kini menjadi salah satu destinasi favorit baru bagi para wiatawan, dengan harga tiket masuk yang relatif murah yaitu hanya membayar Rp 3000 saja pengunjung sudah bisa merasakan sensasi udara segar dan sejuk khas pegunungan serta menikmati pemandangan yang sangat menakjupkan dari hamparan kebun teh dan hijaunya pepohonan yang ada disepanjang pegunungan menoreh.

Lokasi: Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo

15. Bukit Kosakora

sunset-bukit-kosakoraBukit kosakora atau Puncak Kosakora merupakan sebuah bukit yang letaknya tidak terlalu jauh dengan pantai Drini. Bukit yang tingginya hanya sekitar 50M dari permukaan air laut sehingga membuat bukit ini bisa dikatakan tidak terlalu tinggi dan siapaun orang yang ingin ke puncak tidak perlu menguras banyak energi, Namun dengan tingginya yang terbilang rendah ini bukit kosakora memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Lokasi: Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul

16. Green Village Gedangsari

DSC_0264Green Village Gedangsari merupakan salah satu wisata yang menawarkan pemandangan alam perbukitan di Gunungkidul, di sini kita di suguhkan panorama alam yang begitu menggoda dan sangat indah serta memiliki pemandangan perbukitan hijau yang eksotis dan super indah, banyak yang menyebutnya mirip dengan pemandangan perbukitan di New Zealand, sehingga destinasi wisata ini sangat di rekomendasikan bagi para pemburu foto selfie.

Lokasi: Mertelu, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul

17. Spot Riyadi

Photo by @tutipsptasr
Photo by @tutipsptasr

Spot Riyadi merupakan sebuah spot untuk mendapati pemandangan berupa hamparan sawah yang luas. Selain itu terlihat Candi Prambanan dan Candi Sojiwan berdiri dengan anggunnya. Jika beruntung yakni cuaca sedang cerah, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya pesona gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya.

Lokasi: Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman

18. Puncak Becici

Puncak Becici masih termasuk area resort pengelolaan hutan, terdapat banyak pohon pinus di perbukitan ini, dari puncak becici anda akan disuguhkan pemandangan kota jogja di bawahnya, sunggu pemandangan yang indah akan anda peroleh di sini di iringi oleh hembusan angin yang semakin membuat nyaman pengunjung.

Lokasi: Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo

19. Puncak Dipowono

Puncak Dipowono di buka pada tanggal 27 juli tahun 2015 dan di resmikan langsung oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dengan disertai acara pelepasan burung merpati sebagai simbol bahwa wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini merupakan area wisata yang mengedepankan kelestarian alam demi kelangsungan lingkungan asri bagi warga lokal dan para wisatwan yang berkunjung.

Lokasi: Jl. Clereng Tamanan KM. 6, Desa Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

20. Puncak Kuda Sembrani

Photo by @trisnoarybudi
Photo by @trisnoarybudi

Treking dengan medan yang terjal dan melelahkan terbayar sudah setelah sampai puncak, pemandangan yang di suguhkan sunggu memikat, di latar belakangi oleh pemandangan sawah membuat siapapun yang datang tak sabar rasanya untuk langsung mengeluarkan smartphone untuk selfie.

Lokasi: Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan