Serunya Menjelajahi Objek Wisata Goa Pindul

539
BERBAGI
Serunya Menjelajahi Objek Wisata Goa Pindul
10 (100%) 1 vote

Goa-Pindul-Jogja
infojalanjalan.com

Goa Pindul Gunungkidul, yeah siapa si yang tidak tau goa pindul? Mungkin sebagian besar orang sudah pernah dengar tentang keindahan di Goa Pindul,  Goa Pindul adalah sebuah objek wisata susur goa alam yang terletak di kawasan desa wisata Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul ini sudah mendunia. Letak goa pindul ini tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, hanya kurang lebih 60 km atau perlu melakukan perjalanan selama 1 jam.

Goa pindul jogja ini sudah di kenal hingga penjuru dunia, mengapa tidak, jika pada musim liburan, objek wisata yang terlatak di desa Bejiharjo pasti selalu ramai di serbu oleh para pengunjung dari dalam ataupun luar kota yogyakarta.

Saat menyusuri Goa pindul ini Anda juga tidak perlu khawatir , karena di tempat ini bisa di bilang aman untuk segala usia namun tidak di sarankan untuk anak usia di bawah 6 tahun, untuk anak-anak usia lebih dari 6 tahun hingga Usia lanjut sekalipun bisa mencoba menyusurinya, karena air yang mengaliri di Goa Pindul ini berasal dari mata air yang mengalir pelan meskipun musim hujan, jadi tak perlu khawatir terjadinya banjir bandang.

Goa Pindul ini memiliki panjang susur sekitar 350 m, mempunyai lebar hingga 5 m, dengan jarak permukaan air dengan atap goa hingga 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa Pindul ini memiliki 3 zona di dalam goa, yaitu zona terang , zona remang-remang, dan zona gelap gulita. waktu untuk menyusuri goa ini sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Goa Pindul Jogja
dimaselvi.blogspot.com

Zona Yang Pertama (Zona Terang)

Zona yang pertama yaitu zona terang ini Anda akan melihat beberapa jenis stalaktit (batu yang muncul dan membesar dari atas kebawah) dan juga batu pilar (pertemuan dari batu stalaktit dan batu stalakmit (batu yang tumbuh dari bawah ke atas). Anda juga akan melihat sumur terbalik dan sarang burung walet dan masih banyak lagi di zona pertama ini.

Zona Yang Kedua (Zona Remang)

Zona kedua adalah zona remang, Pada zona ini Anda masih bisa melihat dinding goa tanpa senter, di zona ini akan menjumpai stalaktit yang letaknya bergelantungan menghiasi dindin-dinding goa. Ini adalah zona yang paling disukai oleh pengunjung. Tempat ini umumnya merupakan tempat yang bagus untuk mengabadikan momen yaitu berfoto diantara stalaktit dan melihat batu kristal pertama seperti yang ditunjukan pemandu dibawah ini.

Zona Yang Ketiga (Zona Gelap)

Zona kertiga yaitu zona gelap gulita,disebut zona gelap abadi sebab di zona atau lorong pada goa tidak pernah terkena oleh pancaran sinar matahari secara langsung atau pantulan cahaya dari dinding-dinding disekitarnya. Pada zona ini perlu media penerangan yang hanya diterangi dengan senter yang di bawa oleh pemandu saja.

Jika anda tidak menginginkan untuk pemandu mematikan senternya, anda juga bisa berfoto-foto disini namun harus menghidupkan flash kamera agar terlihat hasil fotonya. di Zona gelap ini juga terdapat batu stalaktit terbesar kedua yang menghiasi  dinding Goa. Anda boleh berfose bebas serta juga di perkenankan memegang batu tersebut dibagian yang kering.

Fasilitas dan Tiket

Fasilitas sudah sangat lengkap dan tiket masuk 35rb – 40rb tergantung musimnya

Foto On Instagram

BERBAGI