22 Objek Wisata Lereng Gunung Merapi Rekomendasi

22 Objek Wisata Lereng Gunung Merapi Rekomendasi
8 (80%) 9 votes

Gunung Merapi

Gunung Merapi Yogyakarta

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dimana pada saat kabut belum turun untuk menelimuti keindahan dan kegagahan Gunung Merapi. Sekitar pukul 07.00 adalah merupakan waktu yang sangat tepat untuk menikmatinya. Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari berbagai posisi disekitar lereng Gunung Merapi, seperti dari kabupaten Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Namun jika Anda dari Kota Yogyakarta Anda bisa menikmati pemnadangan ini dari salah satu kawasan wisata yang ada di kabupaten Sleman seperti kawasan wisata Kaliadem Dll.

Berikut 20 Tempat wisata di Sekitar Gunung Merapi:

1. Kaliadem

Photo by brilio.net

Photo by brilio.net

Kaliadem merupakan kawasan wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi yang memiliki nuansa alam yang sangat sejuk. Kawasan wisata ini berada di sebelah utara Kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 35 kilometer. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Kota Yogyakarta membuat kawasan Wisata Gunung Merapi sebgai salah satu alternatif wisata adrenalin.

2. Berburu Landscape Merapi

Photo by tempat.co.id

Photo by tempat.co.id

Pesona alam yang dimiliki dari keindahan Gunung Merapi takkan terkalahkan lagi sehingga menjadikan objek wisata ini sebagai salah satu pilihan wisatawan yang menyukai olahraga outdoor. Saat cuaca sedang bagus dan tidak berkabut maka akan terlihat jelas pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi dan gagah. Ditambah dengan udara yang sejuk dan keramahan penduduknya membuat kawasan wisata ini semakin diminati wisatawan.

3. Jeep Merapi

Gunung Merapi Yogyakarta

Gunung Merapi Yogyakarta

Lokasi bekas letusan gunung merapi pada tahun 2010 silam kini di manfaatkan oleh warga sekitar sebgai tempat wisata Volkano Trekking. Wisatawan yang berkunjung dapat melewati jejak-jejak letusan gunung.

4. Makam Mbah Maridjan

Photo by okezone.com

Photo by okezone.com

Anda dapat mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan yang merupakan salah seorang tokoh juru kunci yang legendaris.

5. Berburu Kuliner Lereng Merapi

Photo by Kanaljogja.com

Photo by Kanaljogja.com

Setelah Anda puas menikmati suasana alam disekitaran lereng merapi Anda bisa beristirahat sambil berkuliner dengan beberapa makanan khas leren Merapi seperti jadah tempe, nasi pecal, wedang gedhang dan beberapa jenis makanna khas lainnya.

6. Cross Adventure

Photo by http://klxadventure.com

Photo by http://klxadventure.com

Berpetulang di lereng merapi merupakan suatu pengalaman yang sangat menyenangkan, yang bisa menjadikan kenangan yang berharga saat berlibur di Jogja

7. Bukit Kali kuning

photo by @mardiya37

photo by @mardiya37

Bukit Kali Kuning merupakan tempat menarik yang terdapat di sekitar lereng gunung Merapi yang mempunyai panorama yang sangat menarik. Lokasi bukit ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah, camping ataupun outbond training. Wisatawan dapat melihat pemandangan di sekitar tempat ini dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang sangat menawan dan berlatar belakang gunung Merapi yang terlihat jelas.

Lokasi: Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

8. Bunker Kaliadem

Photo by @arton_t

Photo by @arton_t

Bunker Kaliadem merupakan sebuah benteng pertahanan dari awan panas merapi. Saat ini Kaliadem menjadi sebuah lokasi wisata yang memungkinkan Anda untuk melihat keindahan Gunung Merapi dan jejak ganasnya letusan gunung merapi pada tahun 2006 lalu.

Lokasi: Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

9. Bukit Klangon

Photo by @rendralendra

Photo by @rendralendra

Bukit Klangon merupakan sebuah gardu pandang untuk menikmati gagahnya gunung Merapi, disini pengunjung akan di suguhi panorama hutan belantara hijau yang dapat menyejukan mata. Banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan dengan berselfie di gardu pandang tersebut.

Lokasi: Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman

10. Batu Alien Cangkringan

Photo by @fahmimumtaz

Photo by @fahmimumtaz

Batu Alien merupakan sebuah batu besar yang mirip dengan kepala Alien, terletak persis ditepi bantaran sungai Gendol dengan tebing yang curam. Namun disini ada juga sebuah gardu pandang yang memiliki pemandangan menakjubkan, sangat sayang jika anda lewatkan.

Lokasi: Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan Sleman

Tinggalkan Balasan