Taman Tebing Breksi Prambanan, Wisata Murah dan Indah di Jogja

1026
BERBAGI
Taman Tebing Breksi Prambanan, Wisata Murah dan Indah di Jogja
10 (100%) 1 vote

Taman Tebing Breksi jogja
Taman Tebing Breksi

Eksotisjogja.com : Tak jauh dari komplek Candi Prambanan ada suatu tempat yang juga  ramai dikunjungi oleh para wisatawan, berbentuk alami Taman Breksi atau Tebing Breksi sangat menarik perhatian wisatawan, kawasan wisata ini berlokasi di Desa Sambirejo Sleman Yogyakarta.

Karena bentuknya yang unik Taman Tebing Breksi menjadi salah satu daya tarik wisata di sleman Yogyakarta, akan tetapi sebelum menjadi tempat wisata kawasan ini merupakan area pertambangan yang merupakan mata pencaharian warga sekitar.

Warga Sambirejo dahulu melakukan aktivitas pertambangan di loasi tersebut, kemudian pemerintah sekitar melarang untuk melanjutkan pertambangan, hal ini dikarenakan adanya di temukan jenis batu tupan yang merupakan hasil endapan gunung api. Batu jenis ini hanya ditemukan di Tebing Breksi dan sekitar Danau Toba.

Sejak aktivitas pertambangan di Desa Sambireno ini di larang oleh pemerintah, akhirnya kawasan Tebing Breksi beralih fungsi menjadi tempat wisata. Pengunjung bisa menaiki anak tangga untuk mencapai puncak tebing dan menikmati pemandangan yang begitu indah. Warga sekitar yang dulu berpropesi sebagai penambang kini beralih untuk membuka usaha seputar pariwisata.

Taman Tebing Breksi
Taman Tebing Breksi

Salah satu tempat spot terbaik yang sering menjadi spot favorit para wisatawan adalah yakni pada bagian anak tangga yang dibuat sebagai akses menuju puncak tebing dan taman bundar yang ada di samping tebing. Dengan latar warna putih kontras yang sering ditampilkan dan berbagai macam efek warna yang di tambah dalam foto kemudian diposting oleh para Instagramer dan pengguna sosial media lainnya. Pemandangan yang ada di atas tebing ini juga sangat beragam, seperti pemandangan candi-candi, seperti Candi Barong dan Candi Ijo.

Taman Breksi
Taman Tebing Breksi

Selain Taman Tebing Breksi warga pengelolah kawasan wisata tersebut juga merencanakan untuk pengembangan wisata tersebut. Seperti pengembangan lahan parkir dan juga mempersiapkan lokasi perkemahan yang bisa menarik perhatian pengunjung yang suka camping. Pengelolah wisata juga merencanakan pembangunan kebun buah sebagai tambahan wisata.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini tidak dikenakan biaya, pengunjung hanya membayar parkir kendraan saja. Tebing Breksi masuk dalam daftar situs yang di lindungi, kini Taman Tebing Breksi menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di Yogyakarta.

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

BERBAGI