20 Wisata Sekitar Candi Prambanan yang Lagi Hits

0
20 Wisata Sekitar Candi Prambanan yang Lagi Hits
Rate this post

Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan

D.I. Yogyakarta merupakan salah satu pusat budaya dan seni di Indonesia, selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental.Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Salah satunya adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kompleks candi ini sangat terkenal di Indonesia dan juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Aka tetapi Candi Prambanan diwariskan pada tahun 1991 setelah Candi Borobudur yang pertama. Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha.

Kedua candi ini memang sama-sama berlokasi di Jawa Tengah, namun meskipun begitu kedua candi besar ini dapat membuktikan bahwa dengan penghuni umat yang berbeda (Hindu dan Buddha) mereka bisa hidup berdampingan dengan rukun. Candi-candi ini juga merupakan bukti dari kemajuan peradaban manusia pada waktu itu dengan adanya bangunan-bangunan candi yang memiliki seni dan arsitektur yang luar biasa tanpa ada bantuan teknologi canggih sedikitpun.

Candi Prambanan Sleman
Candi Prambanan

Candi ini merupakan ikon Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Disini pengunjung dapat belajar banyak hal tentang sejarah mengenai Candi Prambanan. Lokasi wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung apalagi saat hari libur. Untuk dapat masuk ke dalam kompleks Candi Prambanan ini pengunjung dipungut biaya sebesat Rp 30.000 /orang.

Di dalam kompleks Candi Prambanan ini terdapat banyak sekali candi yang berjumlah sekitar 240 buah candi, namun menurut cerita legendaris dahulunya candi ini berjumlah seribu buah candi yang terdapat dalam cerita rakyat Roro Jonggrang. Tempat wisata ini memiliki empat pintu masuk yang terdapat di sesuai dengan arah mata angin (Timur-Selatan-Barat-Utara), akan tetapi yang menjadi pintu utama berada di sebelah timur.

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Selain Candi Prambanan masih ada lagi candi lainnya yang terdapat di sekitaran kompleks candi tersebut ini seperti Candi Ijo, Candi Ratu Boko dan candi-candi lainnya. Jadi selain Anda dapat menikmati wisata Candi Prambanan Anda juga dapat menikmati wisata candi lainnya, karena lokasinya sangat berdekatan.

Lokasi Candi Prambanan ini tidak begitu jauh dari Kota Yogyakarta dan berada di sebelah timur. Untuk mengakses lokasi tersebut dibutuhkan waktu sekitar 30 menit naik mobil/motor pribadi dari Kota Yogyakarta melewati Jl. Solo Adisucipto. Jika Anda masih bingung tetang lokasi Candi Prambanan tersebut Anda bisa klik link lokasi google maps dibawah ini:

Link Lokasi Google Maps

Instagaram :

[instashow source=”#candiprambanan” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan